Aplikasi iKalbar Sebagai Upaya Pemprov Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Untuk meningkatkan minat pembaca di Kalbar, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Aksaramaya membuat aplikasi perpustakaan digital bernama iKalbar. Aplikasi ini merupakan aplikasi perpustakaan digital sejenis iJakarta yang di buat oleh Aksaramaya sebelumnya untuk mempermudah para pembaca dalam mengakses buku secara digital

Sulasmo Sudharno selaku CEO Aksaramaya mengatakan, konsep perpustakaan digital sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang memiliki prinsip gotong royong. Cara kerja perpustakaan digital ini tidak jauh berbeda dengan perpustakaan konvensional.

“Untuk satu judul buku akan tersedia 10 jilid, ketika buku-buku tersebut sedang dipinjam semua maka calon peminjam harus mengantri,”ujarnya

Ia pun mengajak bagi para penerbit buku di Kalbar untuk bergabung dan bekerja sama untuk memberikan literasi tentang Kalbar melalui aplikasi ini, sehingga iKalbar nantinya tidak hanya berisi buku-buku dari perpustakaan daerah yang telah dibuat bentuk digitalnya. Untuk mengaskses iKalbar ini cukup dengan mendownload di playstore melalui android.

“Setelah itu silahkan login menggunakan email untuk membuat akun,”ucapnya

Dirinya meyakini para pembaca akan konsisten dalam membaca buku digital ini karena waktu membaca juga dibatasi sehingga ketika batas waktunya habis buku tersebut akan terblokir otomatis dan tidak bisa diakses lagi.

Untuk saat ini buku yang tersedia masih berupa buku-buku gratis dari Aksaramaya.