Awas, Jajanan Tak Sehat di Sekolah Anak Anda!

GENCILNEWS – KPPAD Provinsi Kalbar melakukan sidak ke beberapa sekolah dasar di Kota Pontianak beberapa waktu lalu. Hasilnya, KPPAD menemukan banyak jajanan tidak layak dijual di sekolah.

“Kita temukan jajanan secara segi kesehatan dan kualitas pangannya tidak sehat. Ini disebabkan jajanan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Adapun temuan kantin sekolah yakni adanya penjual minuman yang mengandung sakarin, soda, pemanis buatan, pewarna, yang pada intinya jenis minuman sachet,” kata Ketua KPPAD Provinsi Kalbar, Eka Nurhayati.

Menurut Eka efek yang ditimbulkan dari jajanan yang berbahaya adalah anak menjadi kurang enerjik dan mempengaruhi kualitas belajar dari anak-anak.

“Ini baru operasi awal dan menjadi agenda rutin kami per tiga bulan. Kalau pun pihak sekolah hanya berupa komunikasi aktif, konfirmasi serta memberikan saran-saran serta kritik yang membangun,” ujarnya.

Ia pun menegaskan, KPPAD melakukan sidak bukan untuk mencari kesalahan atau mencari celah kekurangan dari pihak lain.

“Namun bagaimana caranya membangun komunikasi dan koordinasi yang baik antara stakeholder dan lembaga-lembaga terkait yang mengurus langsung masalah tentang anak,’ jelas Eka.

Ia mengungkapkan, jajanan tidak sehat tersbeut umumnya lebih dominan berupa minuman dijual oleh para penjual yang kerap mangkal di sekitar sekolah maupun di kantin sekolah, seperti di SD Bawamai, SDN 21 Pontianak Barat, SDN 31 Pontianak Barat, SDN 05 Pontianak Timur dan SD Bawari.

KPPAD pun memberikan masukan kepada pihak sekolah bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat kepada anak-anak.

“Pihak lain yang kami tegur saat ini hanya penjual makanan,” ucapnya.  (all)