Berharap Potensi Zakat Meningkat

GENCILNEWS – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah, berharap dengan dibukanya gerai ini bisa meningkatkan potensi zakat.

Ia juga berharap penerimaan zakat tahun ini semakin meningkat. Potensi zakat di Kota Pontianak dinilainya masih banyak yang belum tergali.

“Artinya zakat yang bersumber dari gaji sebagai pegawai, maupun infaq dan sadaqah juga disalurkan melalui lembaga zakat ini,” tuturnya.

Oleh karena itulah dengan gerakan zakat ini,  potensi-potensi zakat akan semakin tergali sehingga target dari Baznas bisa tercapai.

“Tentu ini nanti diikuti oleh seluruh pejabat, ASN dan masyarakat di Kota Pontianak,” terangnya.

Dengan demikian, kata Mahmudah, kepala OPD mencontohkan kepada bawahannya terutama yang muslim untuk membayar zakat. Untuk itu, Pemkot Pontianak bekerja sama dengan Baznas membuka gerai zakat yang ada di Kantor Wali Kota.

“Ini merupakan suatu kemudahan yang dilakukan Baznas sebagai upaya jemput bola. Sehingga ASN yang mungkin sibuk, bisa membayar zakat di gerai yang ada di kantor,” paparnya.

Diakuinya, mungkin pemberian zakat belum sepenuhnya disalurkan melalui lembaga zakat atau Baznas. Misalnya, memberi zakat ke tetangganya atau keluarganya.

“Padahal kalau disalurkan melalui Baznas itu kan pasti terpenuhi delapan asnaf yang memang wajib disalurkan pada delapan asnaf itu,” imbuhnya. (all)