Daya Tampung SMK di Kalbar Belum Maksimal

GENCILNEWS -Daya tampung siswa jenjang pendidikan SMK/SMA belum maksimal.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat Syafrudin mengungkapkan hal tersebut dilihat dari angka kelulusan siswa “Jumlah siswa SMK/SMA sebanyak 64.606 siswa. Jumlah ini lebih kecil dari lulusan jenjang pendidikan SMP sederajat sebanyak 89.602 siswa,” ungkapnya kepada Gencil.news.

Menurutnya terdapat selisih sekitar 25.000 ribu yang bisa saja tidak tertampung.

“Solusi yang bisa dilakukan ialah dengan penambahan ruang kelas. Hanya saja itu tidak bisa dilakukan untuk menampung seluruhnya dengan alasan terbentur anggaran,” terangnya.

Belum lagi dari ketersedian tenaga pengajar. Sehingga pihaknya mengaku memberikan kelonggaran sekolah menambah rombongan belajar. “Sepanjang ruang belajar dan guru mencukupi. Dan itu adalah kebijakan yang diberikan ke sekolah tapi tidak berjalan signifikan,” jelasnya.

Syarifudin menambahkan sekolah menambah rombongan belajar dengan memanfaatkan ruang praktik dan ruang kelas yang kosong karena siswanya sedang   magang.

“Berdasarkan Juknis rombongan belajar itu 32 siswa. Dan biasanya ada yang menambah 40 siswa, dinas memberikan ruang bagi sekolah untuk menjalankan kebijakan itu,” tuturnya.

Sementara itu untuk penambahan ruang kelas anggaran yang digunakan bersumber dari APBN.

“Penambahan pun tidak bisa dilakukan secara keseluruhan untuk menutupi kekurangan,” pungkasnya. (dpw)