Dibekali Cara Penggunaan Obat, Kader Kesehatan Di Kubu Raya Sangat Antusias

Dibekali Cara Penggunaan Obat, Kader Kesehatan Di Kubu Raya Sangat Antusias

GENCIL NEWS – KUBU RAYA – Agar dapat memberikan manfaat secara maksimal sesuai dengan fungsinya, puluhan Kader Kesehatan se-Kabupaten Kubu Raya diberikan pembekalan dalam penggunaan obat. Pembekalan ini dilaksanakan  melalui pertemuan bersama dalam acara Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau Gema Cermat, yang diselenggarakan di Gardenia, pada Kamis (24/8/2017).

Seluruh kader kesehatan dari masyarakat sangat antusias dalam mendapat pembekalan terkait cara penggunaan obat yang baik. Kegiatan ini sendiri, merupakan kerjasama antara Pemerintah Propinsi Kalbar, bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Kabupaten Kubu Raya, Germas, dan GeMa CerMat.

Indah Puspasari selaku Kepala Seksi Alkes dan Farmasi Dinas Kesehatan Propinsi Kalbar mengatakan, pelaksanaan acara dalam rangka memberikan pemahaman terhadap masyarakat dalam penggunaan obat ini, agar bisa berfungsi secara maksimal.

“Dari kegiatan Gema Cermat ini, agar masyarakat memahami dalam menggunakan obat dari awal, menyimpan sampai membuangnya. Sebab obat ini bisa berubah jadi racun ya, kalau tidak benar dalam penggunaan,” ujarnya selaku ketua panitia pelaksana.

Ia juga berharap, dalam pelaksanaan kegiatan ini, seluruh peserta dari kader kesehatan masyarakat, akan mampu menularkan ilmu yang diberikan oleh narasumber nanti ke masyarakat yang lain.

“Sosialisasi pemahaman terhadap penggunaan obat ini merupakan agenda wajib dari kementrian kesehatan. Agar masyarakat tidak salah dalam menggunakannya,” ujarnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa masyarakat masih salah dalam penggunaannya, terutama dalam hal cara minumnya dan pelaksanaan yang tak sesuai dengan anjuran dokter.

“Jika hal ini terjadi, maka salah minum obat akan mengindikasi munculnya penyakit lain. Sebab obat ini memiliki spesifikasi tersendiri,” pungkasnya.