Diguyur Hujan Deras, Pontianak Tergenang.

GENCIL-NEWS – Hujan deras yang turun di Kota Pontianak dan sekitarnya sejak Kamis (11/1) hingga Jumat kemarin, mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang air.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD Kota Pontianak Aswin Taufik, meminta warga untuk berhati-hati terutama di jalan-jalan yang terendam air, seperti  Jalan Gusti Situt Mahmud, Ahamad Yani, Veteran, Gajah Mada, Agus salim, Gusti Situt Lelanang, KHA Dahlan, Alianyang, Pangeran Natakusuma, Putri Candramidi, Sumatera, M Sohor, Purnama dan Jalan Sutoyo.

“Kita pantau sejak pagi dan ketinggian air mencapai  5-15 cm, jadi warga harus hati-hati, jangan ngebut karena jalan licin hingga mudah menyebabkan kecelakaan,” katanya.

Sementara anggota DPRD kota Pontianak Ardiansyah meminta waga untuk berhati-hati, mengingat bulan Januari ini curah hujan Pontianak cukup tinggi. Apalagi data BMKG Kalbar menyebutkan curah hujan yang tinggi di Kalbar akibat dari dampak dari siklon tropis TC Joyce Australia.

“Ini karena siklon tropis seperti yang dijelaskan BKD, warga jangan panic meskipun hujannya terus menerus tapi karena ini musiman tentu akan segera reda,” ujarnya.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kota Pontianak untuk mengatasi air tergenang di Kota Pontianak ini salah satunya peninggian jalan dan drainase.

“Peninggian jalan sudah beberapa tahun kita mulai, sementara perbaikan drainase juga menjadi prioritas kita, apalagi di tahun ini tetap kita prioritaskan.Kita  berupaya melakukan penataan air, infrastruktur jalan dan bangunan harus di atas permukaan air pasang. Sungai Kapuas juga tidak boleh ada hambatan. Kita saat ini tengah menata bangunan di atas air, tanaman-tanaman dan sarana utilitas jangan sampai menghambat fungsi saluran air sehingga air mengalir lancar ke sungai itu,” ujarnya.

Baru-baru ini juga pihaknya , menerima kedatangan Tim dari Bank Dunia untuk memetakan kondisi Pontianak terkaiat masalah penanganan genangan air ini.

“ Sebagaimana diketahui, ketika air pasang dan curah hujan dengan intensitas tinggi, Kota Pontianak kerap tergenang air pasang. Terlebih letak geografis Pontianak di pinggiran Sungai Kapuas dengan ketinggian hanya 0,1 – 1,5 meter di atas permukaan laut. (all)