Dukung Penuh Petani Sambas Produksi Benih Padi Lokal

GENCILNEWS – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan pihaknya akan mendukung penuh petani Sambas untuk menghasilkan dan memproduksi benih padi lokal.

 

“Selama ini kebutuhan benih padi untuk petani di Kalbar masih harus mendatangkan dari luar Kalbar. Untuk itu kita akan mendukung petani terutama di Sambas untuk meningkatkan dan memaksimalkan produksi benih lokal,” ujarnya saat panen perdana padi di Desa Semparuk, Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas.

 

Hero sangat mengapresiasi Kelompok Tani Dare Nandung 1 Desa Semparuk, Sambas yang saat ini telah berhasil melakukan panen perdana padi varietas Situ Patenggang yang akan dimanfaatkan sebagai benih padi.

 

“Harapan kita semua kelompok tani bisa produktif. Contoh yang ditunjukkan oleh Kelompok Tani Dare Nandung 1 yang mampu menyediakan benih secara swadaya,” ucapnya.

 

Hero menambahkan selama ini benih selalu menjadi kendala. Walaupun secara suplai bisa dipenuhi, tetapi sumbernya sebagian besar masih dari luar Pulau Kalimantan. “Selama ini didatangkan bisa dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi,” katanya.

 

Dikatakannya meski secara jumlah lanjutnya bisa dicukupi namun secara kesesuaian belum tentu cocok dengan lahan pertanian di Kalbar. Lantaran kondisi atau iklim dan tanah itu berbeda dengan di luar Kalimantan.

 

“Mungkin benih tersebut ketika ditanam di Jawa cocok akan tetapi ketika dibawa ke Kalbar tidak sesuai. Nah yang kita hasilkan dari sini pasti sesuai, makanya harapan kita pengembangan penangkaran benih semakin hari semakin berkembang. Terutama paling tidak untuk mencukupi kebutuhan tanaman kita sendiri karena di Kalbar setiap tahun rata-rata hampir 590 ribu hektare menanam

padi,” pungkasnya.(dpw)