Dukung Sambas Pesisir

GENCILNEWS – Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Guntur SP mengatakan, Rencana Pemekaran Kabupaten Sambas Pesisir sudah lama digaungkan masyarakat Kecamatan Pemangkat, Selakau, Semparuk, Salatiga, Selakau Timur, namun sampai sekarang belum juga terealisasi.

Menurutnya, hasil penelitian akademis sudah jelas bahwa Kabupaten Sambas layak dimekarkan. Hasil penelitian ini sangat penting dan sangat menentukan layak tidaknya Kabupaten Sambas dimekarkan, tapi sampai sekarang belum ada rekomendasi persetujuan dari Pemerintah Kabupaten Sambas menyesuaikan dengan PP 78/2007.

“Untuk itu kita DPRD Kalbar siap mendukung dan memfasilitasi percepatan pemekaran Kabupaten Sambas, apabila ada usulan tersebut masuk dari Pemerintah Kabupaten Sambas ke Pemerintah Provinsi Kalbar kemudian ke DPRD Kalbar tentang rekomendasi pemekaran,” kata ungkap Legislator PAN Kalbar ini.

DPRD Kalbar, akan memberikan dukungan terlebih semua persyaratan telah terpenuhi termasuk persyaratan administrasi, teknis dan fisik kewilayahan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 129 Tahun 2000 tentang Persyaratan Pembentukan dan Kriteria Pemekaran, Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

“Secara pribadi kita setuju, makanya kita siap memberikan dukungan politik secara kelembagaan secara resmi,” jelas Guntur.

Wilayah Kabupaten Sambas cukup luas. Pemekaran diharapkan agar mempermudah rentang kendali pemerintahan. Sudah selayaknya kabupaten Sambas di bagi tiga, Kabupaten Sambas Pesisir dan Kabupaten Sambas Utara.

Kabupaten Sambas Pesisir yang terdiri dari Kecamatan Pemangkat, Selakau, Semparuk, Salatiga, Selakau Timur. Dan Kabupaten Sambas Utara yang terdiri dari Kecamatan Jawai, Jawai Selatan, Tekarang, Telok Keramat, Paloh, Tangaran telah memenuhi persyaratan karena sesuai UU bahwa 5 kecamatan bisa membentuk 1 kabupaten baru.

“Walaupun di tingkat pusat usulan pemekaran dihentikan sementara, untuk melakukan evaluasi terhadap daerah-daerah yang dimekarkan, tidak ada salahnya semangat untuk memperjuangkan pemekaran Kabupaten Sambas tetap menjadi komitmen kita bersama,” katanya. (all)