Dekranasda Sekadau Gelar Pelatihan Pembuatan Motif Kain Tenun

Dekranasda Sekadau Gelar Pelatihan Pembuatan Motif Kain Tenun

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Dekranasda Kabupaten Sekadau, menggelar pelatihan pembuatan motif kain tenun ikat di Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu, Senin (13/11).

Pelatihan tersebut diikuti 20 orang masing-masing 10 peserta dari Sepuak dan 10 peserta dari Kumpang Ilong.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan mengangkat kembali kerajinan tenun yang berada di daerah Belitang.

Hal itu, kata dia, juga untuk menggali potensi yang ada serta melestarikan budaya yang ada.

“Ada dua motif yang sudah dipatenkan untuk dipelajari, yaitu motif lingkok dan motif lingkok petara,”ujarnya.

Kristina berharap, dengan adanya pelatihan tersebut para pengrajin tenun dapat belajar dan memahami cara menenun dengan baik

Sehingga, kata dia, pengrajin tenun dapat menghasilkan motif-motif yang unik.

“Sehingga hasil kerajinan tenun para pengrajin dapat dipatenkan dan bisa dipamerkan pada even-even nasional. Kedepan diharapkan hasil tenun lebih baik lagi dan dapat menghasilkan motif yang baru,” ucapnya.

Sementara itu, Sekcam Belitang Hulu, Milkison mengatakan, para penenun di Belitang Hulu dulu bisa membuat benang sendiri.

Untuk itu, kata dia, dengan adanya pelatihan tersebut mampu membuat benang sendiri.

“Tentunya dengan pelatihan ini, para penenun dapat belajar membuat motif yang menarik hingga bisa bersaing dengan hasil tenun daerah lain,” katanya singkat.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dengan tujuan untuk memberikan ciri khas Kabupaten Sekadau seuai dengan visi dan misi Kabupaten Sekadau.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti dan pengurus Dekranasda lainnya