Seminar Nasional Hut Fakultas Kehutanan Untan Bahas Membangun Peran Ekonomi Hutan Dengan Aglomerasi Industri Perkayuan

Seminar Nasional Hut Fakultas Kehutanan Untan Bahas Membangun Peran Ekonomi Hutan Dengan Aglomerasi Industri Perkayuan

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka miladnya Fakultas Kehutanan Untan ke-17, diantaranya seminar nasional yang dilaksanakan di Rektorat lantai 3 Universitas Tanjungpura, jumat (22/12).

Seminar dengan tema ” Membangun Peran Ekonomi Hutan dengan Aglomerasi Industri Perkayuan untuk Meningkatkan Peran Ekonomi Sektor Kehutanan bagi Terjaminya Kelestarian Hutan, Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat.”

Keynote speaker Mentri Lingkungan hidup dan kehutanan oleh Prof. Dr. Ir. San Afri Awang dan Gubernur Kalimantan Barat diwakili Ir. Adi Yani MH.

Dr. H. Gusti Hardiansyah Dekan Kehutanan berharap dengan bertambahnya usia ke-17, fakultas Kehutanan menjadi kebih produktif dalam menjalani Tri darma perguruan tinggi baik bagi pembelajaran mahasiswa, produktif dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Rangkaian HUT fakultas kali ini tidak hanya seminar kita juga ada porseni mahasiswa, temu alumni, gerak jalan civitas akademika dan family gathering, insyaallah kita laksanakan januari,” ungkap Gusti Hardiansyah.

Seminar Nasional dibuka secara resmi Wakil Rektor II Dr. Rini Sulistiawati, ia mengatakan tujuan pemberdayaan hutan masyarakat ialah untuk kesejahteraan masyarakat, hal itu perlu adanya kerja sama yang baik dengan pemerintahan dan pengusaha lainnya.

“Sesuai dengan nawacita pak Jokowi, membangun perekonomian dari pinggiran akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sama halnya dengan mengurangi kemiskinan,” jelasnya.

Dirinya juga berharap agar para mahasiswa dan dosen serta alumni kehutanan dapat menjalankan tugasnya layaknya seorang rimbawan yang dapat membantu mensejahterakan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar hutan.

Seminar kali ini dibagi menjadi tiga sesi dengan menghadirkan narasumber diantaranya, wali kota pontianak, Bupati Sintang, APHI, BAPPEDA Kabupaten Sambas, KPH Kabupaten kayong Utara, KPH Kubu Raya, IDH, Balantara, GIZ-Fordime, PT BNN, Tahura, PRCF, WWF, Sampan, YIARI, Yayasan ASRI.

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama, selanjutnya pemberian santunan kepada Panti Asuhan A. Yani Pontianak.