Hari Pangan Sedunia, Radian : Anak Muda Belum Manfaatkan Peluang Ini

Hari Pangan Sedunia, Radian : Anak Muda Belum Manfaatkan Peluang Ini

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization menggagas seminar hari pangan sedunia ke-37 tahun 2017 bertajuk Menggerakan Generasi Muda Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Dr. Ir. H. Radian mengungkapkan potensi pertanian di Kalimantan Barat sebenarnya tinggi, tiap daerah di Kabupaten memiliki tersendiri, meski Indonesia adalah negara agraris, kenyataannya pekerjaan di bidang pertanian kurang diminati kaum muda Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat.

“Sebenarnya ada kesenjangan antara generasi tua dan generasi muda dalam proses mentransfer informasi. Apalagi dari segi pendidikan, tingkat pendidikan kaum muda lebih tinggi daripada petani generasi tua, tetapi banyak anak muda tidak ambil peluang di sektor pertanian ini,” katanya di Ballroom Meranti Hotel Mercure, Rabu (18/10)

Ia mengungkapkan menurut data Bank Dunia harga produk pertanian diperkirakan meningkat setelah tahun 2017 di ikuti juga dengan kebutuhan akan produk tersebut.

Sampai dengan tahun 2050, kebutuhan pangan diprediksi meningkat sebanyak 70% dibandingkan saat ini.

“Produk pertaniankan merupakan kebutuhan, selalu ada yang membutuhkannya, jadi anak-anak muda ini harus jeli melihat peluang, ini harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Tingkat pendidikan pemuda yang tinggi membuat mereka berpikir akan rugi jika bekerja di bidang pertanian, padahal jika peluang usaha di bidang ini cukup besar.

Dirinya memberi contoh seorang pengusaha buah naga terkenal, Gun Soetopo yang sukses dengan budidaya buah naga.

“Pemuda ini harus sadar kalau peluang usaha di bidang pertanian tinggi, apalagi yang dari daerah perbatasan,”ucapnya