Hitungan Hari, Pendaftaran Panwascam Sekadau Di Buka

Hitungan Hari, Pendaftaran Panwascam Sekadau Di Buka

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Kalimantan Barat sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, serta Gubernur dan Wakil Gubernur pada tahun 2018 mendatang, seluruh persiapan penyelenggaraan telah mulai dilaksanakan dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota, salah satunya Kabupaten Sekadau, Selasa (19/09)

Panitia Pengawas Kecamatan atau lebih dikenal Panwascam untuk daerah Kabupaten/Kota akan segera dibuka. Sebagaimana dijelaskan oleh Al-Aminudin selaku anggota komisioner Panwaslu Kabupaten Sekadau “jadi sesuai arahan serta instruksi ketua Badan Pengawas Pemilu Kalbar nomor : 540/K.Bawaslu Prov.KB/HK.05/09/2017 tentang pembentukan Panwaslu kecamatan dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 dan pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, serta Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, maka kita di Kabupaten Sekadau telah mempersiapkan untuk melakukan penjaringan serta seleksi untuk Panwascam di Sekadau.”

“Panwaslu Kabupaten/Kota sendiri memiliki kewenangan untuk membentuk Panwascam sesuai dengan amanah UU No. 07 tahun 2017 tentang Pemilu pada pasal 103,” tambahnya

“jika secara teknis pembentukan Panwascam berdasarkan Perbawaslu No. 10 tahun 2012 dan itu telah diubah menjadi Perbawaslu No. 01 tahun 2016 tentang pembentukan, pemberhentian, dan pergantian antar waktu Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, PPL, dan PPLN,” ujar Al sapaan akrabnya.

Seleksi Panwascam tersebut akan melalui beberapa tahapan dan akan di jaring oleh kelompok kerja yang telah diamanahkan “kita telah bentuk kelompok kerja untuk menjaring dan menyeleksi calon Panwascam, kelompok kerja tersebut dibentuk langsung oleh Panwaslu Kabupaten yang di ketuai oleh Kordiv organisasi dan SDM,” terangnya.

Adapun waktu pengambilan berkas pendaftaran, dan penyerahan berkas Panwascam di mulai pada 22 September s/d 01 Oktober 2017 bertempat di Jl. Merdeka Selatan Km. 1,8 Komp. Graha Kirana Kabupaten Sekadau.

“untuk itu kita menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Sekadau untuk berpartisipasi dalam hal penyelenggaraan Pemilu ini dengan menjadi bagian dari penyelenggara,” harapnya