HMJ Agribisnis Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Pertanian

HMJ Agribisnis Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Pertanian

HMJ Agribisnis Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Pertanian

GENCI.NEWS, SAMBAS – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agribisnis Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Pertanian dan Pengenalan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis di gedung kuliah terpadu Poltesa, Sambas, (28/10 ).

Tema yang muat dalam seminar ini adalah “Peran Mahasiswa Dalam Mengelola Sumberdaya Pertanian Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Pangan Nasional”.

Acara dimulai dari pengenalan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis yang dilanjutkan dengan seminar.

Ketua panitia, Muslimin mengatakan bahwa peserta yang hadir salam seminar ini adalah mahasiswa baru dari prodi Agrobisnis dan prodi Perikanan Kelautan

“Selain seminar pertanian, juga di isi dengan pengenalan jurusan Agrobisnis kepada seluruh mahasiswa baru Poltesa,” jelasnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis Poltesa, Vildu mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lebih memotivasi mahasiswa baru.

“Awalnya kegiatan ini dibuat untuk pengenalan lebih dalam jurusan Agribisnis. Namun agar bisa mendapatkan nilai lebih dari kegiatan ini, maka kami juga menambah acara seminar di dalamnya, yang mana dengan seminar ini bertujuan agar muatan dari materi seminar yang disampaikan dapat membuat mahasiswa menjadi termotivasi dan bisa lebih membawa nama baik kampus Poltesa di dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

Vildu berharap dari kegiatan ini mahasiwa bisa menggali potensi yang ada pada dirinya, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semoga dengan kegiatan ini mahasiswa Poltesa khususnya jurusan Agribisnis bisa menggali potensi yang ada pada dirinya dan bisa menanfaatkan pembelajaran dari materi yang di dapat serta di ambil manfaatnya, yang kemudian di aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” papar Vildu.

Dosen Poltesa, U. Januardi menjadi pemateri dalam seminar tersebut. Januardi menyampaikan bahwa mahasiswa harus menjadi generasi produktif bukan generasi yang mandul.

“Mahasiswa itu tidak hanya pulang pergi kampus dan belajar biasa. Kampus kita bukan hanya sekedar tempat belajar namun adalah tempat pengabdian. Coba ubah paradigma anda bukan hanya kampus. Namun harus banyak belajar dengan hal-hal lain, dimulai dengan diskusi-diskusi intensif sebagai bentuk kebiasaan dari mahasiswa kemudian hasilnya di sampaikan kepada masyarakat. Karena harapan bangsa kepada mahasiswa itu sangat luar biasa,” jelasnya.

Menurutnya, mahasiswa harus memiliki kepekaan sosial dan menjalankan fungsi serta perannya sebagai mahasiswa.

“Mahasiswa harus peka terhadap isu-isu terkini, dan harus bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai mahasiswa yaitu menjadi Agent of Change, Agent of Control dan Iron of Stock,” tegasnya.

Selain itu, menurutnya mahasiswa adalah aset dari Bangsa Indonesia, ibarat intan di antara pasir.

Mahasiswa harus bisa membuat hal yang lebih dan berbeda dari yang lain.

“Ada 3 hal yang harus dilakukan mahasiswa untuk lebih dari yang lain. Pertama, mahasiswa harus fokus kepada kelebihan, dan tidak fokus kepada kelemahannya. Kedua, mahasiswa harus banyak action, atau lebih banyak melakukan kegiatan dari pada merencanakan. Ketiga, mahasiswa harus punya value plus yaitu mencari nilai lebih dari yang lain, anda cari supaya anda lebih dari yang lain,” paparnya.

Januardi berpesan kepada seluruh peserta seminar, agar terus belajar dan menggali potensi di dalam diri masing-masing.

“Kita harus sadar akan potensi besar dari sumber daya alam kita. Jangan sampai potensi alam Indonesia yng luar biasa ini, diangkut ke luar dan kita tidak bisa menikmatinya, hanya karena kita kekurangan sumber daya manusia. Mulailah dari hal terkecil dan mulailah dari hari ini untuk berbuat, serta jangan banyak menunggu-nunggu waktu lagi untuk berbuat,” sambungnya.