Industri Kalbar Terkendala Infrastruktur

Industri Kalbar Terkendala Infrastruktur

 

GENCIL-NEWS – PONTIANAK  Kembali Ketua Pansus Raperda Industri Kalbar, Abul Ainen, mengatakan, niat Pemerintah Provinsi Kalbar membangun perusahaan industri di Kalbar dinilai berpotensi terkendala akibat infrastruktur yang tidak memadai terutama jalan, jembatan dan listrik.

Ia menjelaskan, sebagai solusi Pemprov Kalbar mengusulkan kepada DPRD Provinsi Kalbar formula terobosan berupa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Industri Kalbar. Formula ini diharapkan bisa menciptakan kepastian hukum bagi investor.

Sehingga investor, ungkapnya, tidak ragu membuat perusahaan industri di belantara Provinsi Kalbar. Dan supaya kepastian hukum dan kepastian investasi berjalan sesuai cita-cita, Parlemen Kalbar berencana mengusulkan penetapan daerah kawasan industri Kalbar ke pemerintah pusat.

“Jadi setelah ada penatapan kawasan industri. Selanjutnya kita akan usulkan ke pusat,” ucap Abul Ainen, Kamis kemarin.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menuturkan, penetapan kawasan industri akan menjadi dasar Pemerintah Provinsi Kalbar membangun perindustrian di seantero Provinsi Kalbar.

“Penetapan kawasan industri juga akan menjadi dasar pemerintah pusat untuk menurunkan pembiayaan (anggaran) pembangunan kawasan industri Kalbar. Ini strategi kita untuk meminta perbaikan infrastruktur,” serunya.

Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia, pemerintah daerah memang harus menetapkan terlebih dahulu kawasan industri. Hal itu sebagai dasar untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat bahwa kawasan industri di Kalbar memerlukan perbaikan infrastruktur. (all)