Ini Kriteria Kota Pontianak Dapat Penghargaan Khusus Sebagai Kota Dengan Kinerja & Tata Kelola Sangat Baik

Ini Kriteria Kota Pontianak Dapat Penghargaan Khusus Sebagai Kota Dengan Kinerja & Tata Kelola Sangat Baik

GENCIL.NEWS, JAKARTA – Penghargaan bergengsi Anugerah Pandu Negeri 2017, Jum’at malam (10/11) telah sukses diselenggarakan. Penghargaan ini diberikan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) sebuah organisasi nirlaba yang khusus menilai tata kelola (governance) baik di sektor swasta atau korporasi dan sektor publik atau institusi pemerintahan.

Pada puncak malam tadi telah diumumkan 53 pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola yang baik dengan beberapa kategori; (1) Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) dengan Kinerja dan Tata Kelola Terbaik, (2) Pemimpin inovatif, (3) Penghargaan Khusus untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik, (4) Penghargaan Khusus untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata kelola baik, (5) Penghargaan Khusus untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Terbaik untuk Indonesia Bagian Timur.

Penilaian dilakukan terhadap 34 Provinsi, 416 Kabupaten dan 98 kota dan kota administrasi dengan kriteria penilaian dari aspek performance meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, breaktrough result (transformative – Innovative) dan aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan serta anti korupsi.

Kota Pontianak sendiri berhasil mendapatkan Penghargaan khusus untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja & Tata Kelola sangat baik yang diterima langsung oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa terus ditumbuh kembangkan sehingga tata kelola  pemerintahan Kota Pontianak tetap dipertahankan dengan kategori sangat baik,” ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di Pontianak ini dan biasa disapa Bang Midji, dengan didapatnya penghargaan ini, menunjukkan bahwa kinerja PNS atau ASN yang ada di Kota Pontianak sudah sangat prima.

“Saye berharap, hal ini dapat menjadi semangat bagi PNS atau ASN Kota Pontianak untuk tetap memberikan yang terbaik  dengan inovasi-inovasi yang dibuat sehingga menghasilkan sistem dalam tata kelola pemerintahan yang baik,” harapnya.

Selain Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat juga berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Pemerintah Daerah dengan kinerja dan tata kelola baik. Selamat untuk Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar.