Inilah Pembangunan yang Dilakukan Pemkab Ketapang Pada Derah Terisolir

Inilah Pembangunan yang Dilakukan Pemkab Ketapang Pada Derah Terisolir

GENCIL NEWS – KABUPATEN KETAPANG – 29 Agustus 2017, Bupati Ketapang Martin Rantan bersama dengan  pihak PLN meresmikan penancapan tiang listrik pertama di Desa Menyumbang Kecamatan Hulu Sungai yang terhubung dengan Desa Randau Jungkal Kecamatan Sandai dengan panjang 19,5 KMS.

Bupati Ketapang Martin Rantan, mengungkapkan bahwa pembangunan listrik di daerah ini dalam rangka pengentasan keterisoliran di Hulu Sungai.

Pemkab Ketepang terus melakukan upaya terobosan dengan mempercepat pembangunan, apalagi pemasangan listrik di Sungai Hulu ini mengalami kendala dalam hal transportasi. 

“Bayangkan mulai dari Hulu Senduran tidak ada jalan darat jika musim panas, sedangkan kalau musim hujan melalui sungai,” ujarnya.

Sehingga selain melakukan pembangunan listrik, Pemkab Ketapang rencananya juga akan melakukan pembangunan jalan darat agar dapat membuka akses antar desa untuk memudahkan aktifitas masyarakat.

Namun dikarenakan keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD Ketapang, maka pembangunan ini belum mampu dilakukan secara serentak.

“Dengan keterbatasan ini, kita merencanakan sebuah program dengan dana dari pemerintah dengan secukupnya. Tetapi kita akan mengajak seluruh investasi untuk keroyok program ini. Miaslnya dari Sundurahan ada jalan darat minimal bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” ujar Bupati Ketapang.

Sedangkan untuk meningkatkan ekonomi, Bupati Ketapang berharap kepada perusahaan untuk investasi di Ketapang agar dapat bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah untuk membangun perekonomian di Ketapang.

“Kita menyadari pemerintah tak mungkin membangun ekonomi dengan memberikan dana stimulan kepada masing-masing keluarga. Namun dengan program investasi di daerah diharapkan bisa membuka multi payer efek,” ucap Bupati Ketapang.