Jembatan Rusak, Kelalaian Pihak PU

GENCILNEWS Jembatan Rusak, Kelalaian Pihak PU. Kerusakan Jembatan Sungai Ambawang yang berada di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya yang menjadi pergunjingan di masyarakat beberapa terakhir ini ditanggapi serius oleh anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Amin Assegaf.
Menurutnya harus ada kepedulian dari instansi terkiat seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), maupun Balai Besar Bina Marga yang ada di Kalimantan Barat, karena kondisi kerusakan pada jembatan ituĀ  sudah cukup parah namun dibiarkan begitu saja.
“Itu sepertinya ada kelalaian dari pihak Kementrian PU, kenapa seperti itu. Beberapa kali sudah saya sampaikan sampai belum juga ditanggapi,” ungkap Syarif Amin kepada wartawan.
Dijelaskannya perlu segera dilakukan perbaikan, sebelum terjadinya kerusakan yang semakin parah hingga memakan korban jiwa, terlebih kondisi kerusakannya berada pada jembatan yang cukup ramai dilalui kendaraan.
“Informasi yang kami terima, jembatan itu diperbaiki oleh masyarakat setempat, kok dinas PU tidak perduli,” tuturnya
Kerusakan jembatan itu, ia meyakini bukan hanya terjadi saat ini saja, namun sudah sering mengalami kerusakan dan yang memperbaikinya selama ini warga setempat. Sementara dinas terkait tidak berupaya untuk memperbaikinya.
“Kan ada dana UPJJ, itu bisa digunakan untuk memperbaikinya, bukan baru kali ini jembatan itu rusak tapi sudah sering kali. Kalau kerjanya tak becus mending diganti saja satkernya,” ujarnya
Pihak DPRD, sudah seringkali membahas hal ini pada rapat kordinasi, dan hal itu disanggupi oleh instansi terkait, namun pada kenyataannya justru banyak pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan yang bermasalah termasuk di pada Jembatan Sungai Ambawang ini.
“Yang menjadi prioritas malah tidak dipriorataskan, sudah jelas kerusakanĀ  jembatan itu sangat membahayakan,” katanya.
Pihaknya, ia menambahkan akan kembali membahas hal ini dengan dinas PU Kalbar, bahkan pihaknya akan meminta dinas PU untuk mendatangkan Satker Kementrian PU yang menangani jalan dan jembatan yang berstatus jalan nasional.
“Beberapa kali rapat bersama dengan dinas PU, termasuk Paripurna kepala dinasnya tidak datang,” pungkasnya.(dpw)