Kabag Sumda Polres Sintang jadi pembawa acara Stasiun Radio Republik Indonesia Pro I Sintang frekwensi 102,50 FM

Kabag Sumda Polres Sintang jadi pembawa acara Stasiun Radio Republik Indonesia Pro I Sintang frekwensi 102,50 FM

 

Kabag Sumda Polres Sintang jadi pembawa acara Stasiun Radio Republik Indonesia Pro I Sintang frekwensi 102,50 FM

 

GENCIL.NEWS, SINTANG-Suara khas Mas Pur selaku pembawa acara Budaya Jawa Campur Sari selalu berkumandang setiap rabu malam, pada pukul 20.00 hingga 22.00 WIB dan sudah tidak asing lagi ditelinga para pendengar siaran RRI pro I Sintang.

Namun demikian banyak yang belum mengenal sosok dari seorang “Mas Pur” tersebut. Mas Pur yang sebenarnya adalah seorang perwira menengah di jajaran Kepolisian Resor Sintang dengan pangkat Kompol.

“Poro pamiyarso, ngaturaken wilujeng ing dalu menika, Pinanggih malih kaliyan kito, Mas Pur ing campursari budoyo jowo ind dalu punika kagiyaraken lumantar Radio RRI Pro I Sintang”.

Itulah sepenggal kata pembuka yang selalu disampaikan oleh “Mas Pur” selaku penyiar radio pada acara Campur Sari Budaya Jawa di Stasiun Radio Republik Indonesia Pro I Sintang frekwensi 102,50 FM, pada setiap Rabu malam.

Mas Pur  bernama lengkap Kompol H. Purwanto, S.Sos, M.Si, pria kelahiran Ngawi tahun 1963 tersebut adalah seorang Perwira polisi dengan jabatan Kabag Sumda Polres Sintang.

Pria yang beristrikan Elia Kartika dan ayah dari 4 orang anak ini, memulai hobbynya menjadi pembawa acara budaya jawa campur sari sejak 2 tahun yang lalu.

“Saya sangat hobby dengan campur sari, kebetulan ada waktu yang diberikan di Stasiun RRI Sintang, maka kesempatan tersebut benar-benar saya mamfaatkan,” terang Mas Pur, sapaan akrabnya.

Pria lulusan Secapa tahun 1999/2000 dan beralamatkan di jalan Oevang Oeray Gg.Suria III no. 22 Desa Baning Kota tersebut, mengaku sangat mencintai budaya jawa yang ada.

Oleh karena itu, dirinya melalui siaran Radio RRI Pro I Sintang memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Sintang bahkan siaran radio tersebut menjangkau hingga Kabupaten lain seperti Sekadau, Melawi, dan Kapuas Hulu.

Ketika ditanya apa yang melatar belakangi dirinya hingga bersedia meluangkan waktu untuk mengisi acara tersebut, dirinya mengaku merasa enjoy dan senang karena disela-sela kesibukannya sebagai anggota Polri.

Dirinya masih bisa bersilaturahmi dengan masyarakat jawa dimanapun berada dan bisa saling komunikasi melalui sambungan telpon di jalur 0565-24472 dan dirinya mengaku melalui media ini sangat efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat dimanapun berada.

“Disela-sela lagu yang diperdengarkan, saya selalu menyelipkan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas kepada masyarakat terutama agar masyarakat jangan sampai menjadi korban atau pelaku kejahatan dan selalu patuh dan taat kepada hukum, bahkan saya juga menyampaikan informasi terkait rekruitmen bagi anggota Polri hingga masalah Karhutla, Lalu lintas dan Narkoba,” papar Kompol Purwanto, Selasa (24/10)

Lebih jauh dirinya mengaku sampai saat ini masih banyak para pendengar acara budaya Jawa campur sari yang tidak mengenal sosok “Mas Pur” yang membawa acara campur sari tersebut.

Dirinya sengaja tidak menampilkan sosok Polisi di acara tersebut dengan maksud agar tidak ada jarak antara pendengar Radio Budaya Jawa Campur Sari dengan dirinya.

“Saya sengaja tidak memberitahu kalau saya polisi, ini agar pendengar tidak segan dan tidak berjarak dengan saya, sehingga ketika komunikasi terjadi masyarakat seperti tidak berbicara sama polisi tapi lebih kepada Mas Pur nya, namun dirinya tetap memasukan pesan dan himbauan kepolisian disetiap acara,” tutur Kabag Sumda Polres Sintang ini.

Lebih jauh dirinya mengatakan bahwa melalui kegiatan yang ia lakukan setidaknya dirinya ingin seluruh masyarakat jawa yang ada di Sintang khususnya dan Kalbar umumnya tetap bersatu dan selalu mencintai dan melestarikan budaya Jawa yang ada, salah satunya campur sari.

Selain itu melalui kegiatan yang dilakukannya dirinya dapat selalu mengingatkan seluruh warga masyarakat Sintang dan sekitarnya untuk bersama-sama turut serta menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas diwilayah Kabupaten Sintang agar tetap aman dan kondusif.