Desa Suka Maju Lakukan Program Bedah Rumah Untuk Warganya

Desa Suka Maju Lakukan Program Bedah Rumah Untuk Warganya

GENCIL.NEWS, KAPUAS HULU – Warga Dusun Lunsara, Desa Suka Maju, Kecamatan Putussibau Selatan, bersama Bhabinkamtibmasbau Selatan, Polres Kapuas Hulu, bergotong royong membedah rumah milik seorang janda tua yaitu, Utin Jahara (55), Sabtu (06/01)

Ukuran rumah janda tersebut 4×9 meter, yang ditempati keluarga kecilnya seperti anak dan cucunya.

“Rumah ini dibangun sejak tahun 2003, dan belum pernah direnovasi,” ujar Utin Jahara.

Setelah rumahnya dibedah, Utin Jahara mengucapkan terimakasih kepada pihak desa dan Bhabinkamtibmas, karena telah mengganti atap rumahnya.

“Apabila hujan atap bocor, sehingga basah di dalam rumah dan jika hujan malam hari terpaksa saya bersama anak dan cucu tidak bisa tidur karena tempat tidur basah, terkadang harus mengungsi kepada tetangga sebelah rumah, apalagi belakangan cuaca cenderung buruk,” ungkapnya.

Kepala Desa Suka Maju, Adam menuturkan kegiatan sosial ini merupakan program yang di anggarkan dari Dana Desa Suka Maju tahun 2018.

“Tujuan kita program tersebut adalah, supaya warga kami hidup layak dan terjaga kesehatannya,” ucapnya.

Untuk memilih rumah siapa yang akan dibedah jelas Adam, pihaknya melakukan survei dilapangkan ada 10 buah rumah tak layak huni,  di Dusun Lunsara yaitu, di Rt. 01 sebanyak 3 buah rumah, di Rt 02 sebanyak 1 buah rumah, di Rt 03 sebanyak 2 buah rumah dan di Rt 04 sebanyak 2 buah rumah. Sedangkan di Dusun Pulau Sayat yaitu di Rt. 01 sebanyak 1 buah rumah dan di  Rt 02 sebanyak 1 buah rumah.

“Terhadap para pemilik rumah, kami undang untuk memberikan sosialisasi terkait program ini, dan dari para pemilik rumah menyetujuinya, dan rumah yang pertama kali kami bangun yaitu milik Ibu Utin Jahara,” jelasnya.

Selain itu Kades Suka Maju juga mengucapkan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas Desa Suka Maju yaitu Brigadir Muchtarudin, yang sudah sangat peduli terhadap warganya, membantu bedah rumah. “Waktu lalu juga pak Muchtarudin telah menyumbangkan buku Iqra kepada TPQ Al-Munir,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Desa Suka Maju Brigadir Muchtarudin menyatakan, apa yang telah dilakukan ini merupakan bentuk pengabdian Polisi kepada masyarakat.

“Diharapkan keberadaan kami ditengah-tengah masyarakat, dapat berguna bagi masyarakat khususnya warga Desa Suka Maju yang merupakan Desa binaan saya,” ungkapnya.

Kapolsek Putussibau Selatan, Ipda Cahya Purnawan jiga mengapresiasi kinerja anggotanya tersebut, dan akan terus meningkatkan kinerja para Bhabinkamtibmas, karena langsung bersentuhan langsung dengan warga binaannya.

“Kedepannya tidak hanya dibidang sosial tetapi juga dibidang lain seperti ekonomi, budaya, agama serta yang paling utama adalah dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.