GENCIL.NEWS, KAPUAS HULU – Himpunan Pemuda Kapuas Hulu  (HPKH) ikut serta dalam musyawarah Adat (musdat) Ke- 1 dilaksnanakan pada tanggal 26-28 Desember 2017 di rumah Adat Melayu Kapuas Hulu .

Kegiatan musdat tersebut diselenggarakan oleh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kapuas Hulu yang langsung di buka oleh Ketua DPD MABM Kapuas Hulu, Bapak. A.M.Nasir, SH. Tema yang di angkat adalah “Dengan Masyarakat Adat Kita Wujudkan Hukum Adat dan Istiadat Sebagai Jari Diri Puak Melayu Kapuas Hulu Yang Bermartabat”.

Ketua HPKH, Yan Sunardi mengatakan sudah selayaknya pemuda itu lebih banyak dilibatkan dan aktif dalam menegakkan adat istiadat dan di ikut sertakan melalui organisasi pemuda. Pada kegiatan ini Himpunan Pemuda Kapuas Hulu menjadi peninjau Musyawarah Adat Ke-1.

Baca juga   Saprahan di Pontianak Ada Sejak Abad 18

“Pemuda dapat berperan menata kembali Adat dan Budaya Melayu Kapuas Hulu. Pentingnya masyarakat dalam menjaga dan menerapkan adat istiadat melayu baik yang tersurat maupun yang tersirat dengan memunculkan budaya melayu di setiap kegiatan kemasyarakatan,”jelasnya saat menghadiri Musyawarah Adat Ke-1, Selasa (26/12) di Rumah Adat Melayu Kapuas Hulu.

Yan juga mengajak seluruh pemuda harus mengetahui adat budaya melayu serta menjunjung tinggi keberadaannya. Generasi muda Kabupaten Kapuas Hulu harusnya paham adat di kampung masing-masing .

“Semestinya generasi muda Kapuas Hulu selalu ingat semboyan melayu hidup di kandung adat, mati di kandung tanah,”pungkasnya

Ia berharap bisa memberikan masukan guna merumuskan hukum adat dan adat istiadat yang ada di kabupaten Kapuas Hulu