GENCIL.NEWS, KAPUAS HULU – Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S.IK.MH didampingi Kapolsek Putussibau Utara IPTU Salmansyah, mengecek langsung ketersediaan dan harga sembako dalam rangka menjaga kestabilan harga sembako menjelang Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di Pasar Merdeka dan Pasar Pagi Putussibau, Kamis (21/12).

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riayadi menyatakan, para penimbun bahan makanan pokok (sembako) tersebut sesuai Maklumat Kapolri No 1 tahun 2015 tanggal 24 agust 2015 akan ditindak sesuai pasal 107 UU No 7 tahun 2014 tentang perdagangan.

“Kita harus terus jaga kestabilan pangan di wilayah Kapuas Hulu, tadi juga sudah saya perintahkan seluruh Kapolsek untuk turun cek kondisi harga, dan stok sembako di wilayahnya, jagan sampai ada mafia pangan yang sengaja menimbun sembako untuk mendapatkan keuntungan lebih,” ujarnya.

Baca juga   Harga Sembako, IRT pun Menjerit

Imam menuturkan, setelah dilakukan pengecekan di beberapa toko yang termasuk agen, dan distributor memang harga sudah relatif stabil, namun memang ada beberapa aitem yang mengalami kenaikan namun hanya berkisaran lima ratus sampai seribu rupiah.

“Ini dipengaruhi oleh ketersediaan barang sembako yang disuplay dari wilayah Jawa, Kami juga akan selalu memantau perkembangannya. Maka pengecekan sembako kami cukupkan saya himbauan kepada pelaku usaha agat tidak melakukan penimbunan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih” ungkapnya.