Kerupuk Basah, Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Tersohor

Kerupuk Basah, Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Tersohor

GENCIL NEWS – KABUPATEN KAPUAS HULU – Mengunjungi Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat tak akan lengkap bila belum mencicipi kerupuk basah yang merupakan kuliner khas dan tersohor dari daerah tersebut. Makanan yang berbahan dasar dari ikan ini sangat mudah ditemukan di setiap sudut Kabupaten Kapuas Hulu terutama di ibukota Kapuas Hulu Putussibau.

Olahan makanan yang berbahan dasar ikan ini sangat terkenal di Kabupaten Kapuas Hulu, hal ini mengingat karena Kabupaten Kapuas Hulu merupakan penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat.

Tekstur kerupuk basah khas Kabupaten Kapuas Hulu jika dilihat sekilas akan mirip dengan pempek khas Palembang, namun tentunya berbeda. Yang membedakan adalah bentuknya yang lonjong dan memanjang sekitar 15 cm hingga 25 cm. Dan dengan diameter 2 cm hingga 3 cm.

Krupuk basah khas Kapuas Hulu ini memiliki dua varian rasa unggulan, yaitu dari ikan toman dan dari ikan belida. Selain dengan bahan dasar ikan, kerupuk basah ini juga menggunakan bahan dasar tepung. Dan kedua bahan ini akan dicampur kemudian dikukus.

Untuk menikmati kerupuk basah ini, penikmat akan disuguhkan dengan dua jenis sambal, yaitu sambal cabe dan sambal tomat.  Harga untuk satu porsi biasanya akan dijual Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Kerupuk basah khas Kapuas Hulu juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Penjual akan menyediakan kerupuk yang telah dilumuri dengan tepung, sehingga akan tahan sampai di rumah asal dan untuk menikmatinya harus direbus kembali.