Berikan Pemahaman Tentang Jamsosnas, Wabup Adakan Sosialisasi

Berikan Pemahaman Tentang Jamsosnas, Wabup Adakan Sosialisasi

GENCIL.NEWS, KAYONG UTARA – Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus buka kegiatan Sosialisasi tentang Jaminan Kesehatan kepada Aparatur Pemerintah Desa se-kabupaten Kayong Utara di Gedung Balai Praja, Kantor Bupati, Sukadana, Senin (6/11).

Kegiatan tersebut terselenggara bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada para kepala desa dan perangkat desa tentang sistem jaminan sosial nasional dan badan penyelenggara jaminan sosial bagi setiap warga negara Indonesia.

Wakil Bupati Kayong Utara, Idrus mengatakan berdasarkan Pasal 66 Ayat (4) Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, menyebutkan bahwa selain penghasilan tetap, Kepala desa dan perangkat desa memperoleh Jaminan Kesehatan.

“Oleh karena itu semenjak tahun 2015, Pemerintah Desa telah menganggarkan Jaminan Kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa pada APBDes. Akan tetapi anggaran yang terdapat pada APBDes sebagaimana dimaksud, hanya untuk menanggung Kepala Desa dan Perangkat Desa secara perorangan saja,”ujar Idrus.

Maka dari itu, sambung Wabup, mulai tahun 2018 diharapkan anggota keluarga inti dari Kepala Desa dan Perangkat Desa sebanyak lima orang juga menjadi peserta Jaminan Kesehatan.

Idrus menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut selain dilaksanakan sosialisasi tentang Jaminan Kesehatan kepada Aparatur Pemerintah Desa, juga akan dicarikan formula baru agar biaya Jaminan Kesehatan bagi keluarga inti dari Kepala Desa dan Perangkat Desa tersebut dapat diakomodir dalam APBDes tahun 2018.

“Saya harapkan kepada seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa untuk dapat terus mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai dengan selesai. Apabila ada sesuatu yang dirasa kurang jelas, dapat ditanyakan langsung kepada narasumber, “tambahnya