Kayong Utara Terima Penghargaan Kemendikbud, Ini Alasannya

Kayong Utara Terima Penghargaan Kemendikbud, Ini Alasannya

GENCIL.NEWS, KAYONG UTARA – Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid menerima penghargaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Kabupaten dengan Pemenuhan SPM Dikdas Terpesat.

Kayong Utara menjadi salah satu dari 10 Kabupaten yang mendapat penghargaan, dari 108 kabupaten/Kota se-Indonesia.

“Penghargaan ini untuk para Guru yang hari ini memperingati Hari Guru,” jelas Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid disela-sela penerimaan penghargaan di gedung Kementerian pendidikan di Jakarta, Senin (20/11)

Lebih dari 70 persen sekolah dan Madrasah di 108 Kabupaten/kota di Tanah Air telah mengalami peningkatan pemenuhan standar minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas). Sementara itu sekitar 100 kabupaten/kota telah mengembangkan peta jalan untuk memenuhi SPM Dikdas secara terukur.

Pencapain bidang pendidikan ini terungkap pada dialog nasional pemangku kepentingan yang diadakan oleh program peningkatan kapasitas penerapan standar pelayanan minimal pendidikan dasar (PKP – SPM Dikas) di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhamad menyampaikan apresiasinya kepada Uni Eropa atas dukungannya terhadap program PKP – SPMDikdas tersebut.

Dia mengatakan dengan dukungan dari uni Eropa dan semua pihak terkait maka program tersebut sudah berhasil menyatukan semangat dan kerja berbagai komponen bangsa untuk menjamin layanan pendidikan secara merata dari Sabang hingga Merauke di era otonomi daerah ini.

“Semoga program ini bisa memberikan landasan yang kokoh untuk peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia secara luas,” kata Hildi saat ditemui di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lebih lanjut dia menjelaskan program tersebut dirancang untuk membantu pemerintah daerah dalam mengumpulkan data yang akurat serta mengintegrasikannya dalam proses pengembangannya secara strategis dan intervensi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Hildi Hamid di dalam sesi dialog Nasional, mengungkapkan, rasa bangganya masih banyak kepedulian terhadap pendidikan.

“Pendidikan bukan hanya keinginan, tapi menjadi kebutuhan,” timpal Bupati yang bercita-cita meningkatkan program pendidikan gratis hingga se – Kalbar