Pemkab Berikan Insentif Untuk Guru Honorer Di Wilayah 3T

Pemkab Berikan Insentif Untuk Guru Honorer Di Wilayah 3T

GENCIL.NEWS, KAYONG UTARA – Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kayong Utara Ichwani menyampaikan pihak Pemerintah pusat sudah memberikan tunjangan untuk guru PNS yang bertugas di daerah terpencil.

 

Namun Ichwani mengakui tidak hanya PNS, pihak Pemda sendiri juga memberikan insentif kepada guru-guru honorer yang bertugas di daerah terpencil.

 

“Kalau tunjangan kita ada, kalau daerah terpencil karena daerah Kepulauan itu masuk daerah 3T itu mereka ada perlakuan khusus dari pusat, itu untuk PNS, tapi kalau untuk honorer kita juga ada,” terangnya, Selasa (10/10)

 

Dirinya mengingatkan jika guru-guru tersebut belum dapat melengkapi administrasi untuk mengusulkan insentif atau tunjangan dari Provinsi maka Pemda dapat memberikan insentif bagi guru terpencil, namun tidak boleh doubel.

 

“Yang jelas mereka juga harus lengkap administrasi, terutama ada NUPTK nya, ada nomor registrasi gurunya sehingga nanti kita ajukan ke Kemendikbud dan KPDT (Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal) akan memberikan insentif. seandainya di guru itu tidak lengkap kita akan usahakan tunjangan daerah terpencil di kita (Dinas Pendidikan), namun nominalnya agak beda. kalau dikita perbulannya 1 juta, tapi tidak bisa doubel,”jelasnya.

 

Untuk mendapatkan insentif tambahnya, para guru yang mengajar di daerah terpencil harus memenuhi administrasi yang di butuhkan sehingga bila sudah mendapatkan tunjangan Pusat maka guru tersebut tidak berhak mendapatkan tunjangan dari pemerintah daerah.