Bupati Ketapang Meminta Kades Patuhi Aturan Keuangan

Bupati Ketapang Meminta Kades Patuhi Aturan Keuangan

GENCIL.NEWS, KETAPANG – Bupati Ketapang, Martin Rantan meminta perhatian kepada seluruh camat dan Kepala desa untuk mematuhi seluruh aturan tentang pengelolaan keuangan desa.

Khususnya dalam penggunaan dana desa dengan menghindari pengeluaran yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

Sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari. Hal tersebut disampaikan Bupati dalam Rapat Kerja Gubernur Kalimantan Barat bersama Bupati, Camat  dan Kepala Desa se Kabupaten Ketapang di Ketapang, Rabu (18/10).

Bupati meminta para kepala desa memahami secara baik dan menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) yang dikembangkan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjsama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk pengelolaan keuangan desa

“Dalam penuyusunan dokumen RKPDES dan APBDes harus melaui forum musyawarah desa yang dipimpin oleh Ketua BPD. Serta selalu berpedoman pada paraturan yang berlaku dan memperhatikan petunjuk dari pedamping desa atau dinas terkait,” kata Bupati.

Ia juga mengintruksikan kepada para camat untuk selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa diwilayahnya. Selanjutnya memfasilitasi penyusunan RKPDES dan APBDES, serta mengevaluasi dan memverifikasi dokumen  itu sebelum disampaikan kepada Bupati dalam hal ini Dinas PMPD Ketapang. Bupati juga berpesan dalam bekerja harus selalu jujur, sepenuh hati, bertanggungjawab dan mematuhi undang-undang yang berlaku.

“Teruskan dan laksanakan seluruh program dankegiatan desa dengan baik sehingga dapat menyentuh langsung danbermanfaat bagi seluruh masyarakat demi mewujudkan Ketapang Maju menuju masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.