Dandim Ingatkan Indonesia Bisa Berdiri Tegak Dan Berdaulat

GENCIL.NEWS, KETAPANG – Dandim 1203 Ketapang, Letkol Inf Riko Haryanto menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara ke 69 tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Ketapang, Selasa (19/12).

Dalam sambutan Presiden yang dibacakan Dandim itu mengungkapkan sejarah mencatat bahwa negara Republik Indonesia (RI) ini bisa berdiri tegak. Serta berdaulat dari semangat bela negara pada seluruh kekuatan rakyat.

“Mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah air Indonesia dari para  penjajah,” kata Dandim dihadapan peserta upacara tersebut.

Ia menjelaskan sejarah juga menunjukan bahwa membela negara tidak hanya dilakukan oleh segenap warga negara dengan kesadarannya.

Khususnya untuk membela negara dengan cara melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Indonesia hari ini adalah hasil semangat bela negara para pejuang kesuma bangsa. Demikian pula Indonesia di masa depan. Saya yakin juga bahwa Indonesia akan tetap bertahan sebagai bangsa yang besar dan berdaulat,” ungkapnya.

“Lantaran semangat bela negara pada seluruh anak bangsanya. Hingga sekarang semangat itu tidak pernah padam. Sehingga harus terus kita kobarkan dalam menghadapi tantangan tagan baru di depan mata,” lanjut Dandim.

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Drs H Suprapto S. Serta AKBP Sunario Kapolres Ketapang, para asisten, kepala dinas, kepala badan. Serta peserta apel di antaranya TNI, Polri, PNS, Ormas, mahasiswa, pelajar dan lain-lain.