Desa Pematang Gadung Resmi Menjadi Kampung KB

Desa Pematang Gadung Resmi Menjadi Kampung KB

GENCIL.NEWS, KETAPANG – Camat Matan Hilir, Rahmat Rohendi menjelaskan meski cuaca tidak mendukung namun alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan acara pencanangan kampung KB tetap terlaksana.

“Dari 9 desa yang ada di Matan Hilir, beberapa desa masih sangat minim fasilitas. Termasuk di Desa Pematang Gadung ini. Alhamdulillah meski hujan acara kita sukses diselenggarakan,” ungkapnya saat Pencanangan Kampung KB Desa Pematang Gadung dan Pelayanan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kamis, (30/11).

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi agar dapat menjaga jarak kelahiran serta jangka anak satu dengan lainnya.

“Apalagi saat ini musim hujan, bapak ibu sekalian gunakan alat kontrasepsi agar kehamilan dapat diatur sehingga jarak anak tidak terlalu dekat,” katanya.

Kabid ADPIN BkkbN Kalbar, Sondang Ratna Utari menjelaskan bahwa Kampung KB tidak hanya mengenai alat kontrasepsi, kesehatan ibu anak, melainkan program keseluruhan dari BkkbN meliputi bidang kesehatan serta seluruh bidang bagi masyarakat luas.

“Dengan adanya Kampung KB maka seluruh instansi terkait termasuk masyarakat bersama membangun desa mendapatkan kehidupan yang terencana,” jelasnya.

Perwakilan Kapolsek Matan Hilir Selatan, Rasyid mengaku harapan akan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Kita berharap masyarakat akan semakin paham bagimana merencanakan kehidupan yang baik,” katanya.

Kepala Desa, Sadimin mengatakan dengan adanya kegiatan Kampung KB maka akan ada arti untuk masyarakat Pematang Gadung sendiri.

“Terima kasih karena desa kami terpilih sebagai Kampung KB,” pungkasnya.