LPPKM Universitas Tanjungpura berikan pelatihan kepada petani gula kelapa di Desa Sungai Klapah

LPPKM Universitas Tanjungpura berikan pelatihan kepada petani gula kelapa di Desa Sungai Klapah

GENCIL NEWS – KUBU RAYA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Untan Pontianak memberikan pelatihan bertajuk Iptek Bagi Masyarakat (IBM) di Sungai Klapah, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya pada selasa (11/17).

Diikuti oleh 25 peserta, pelatihan ini disponsori oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  dengan tujuan petani gula memiliki pengetahuan yang mumpuni berkaitan dengan disversifikasi produk gula kelapa yang notabene menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari.

“Adapun produk yang bisa diolah dari gula kelapa antara lain pengolahan jahe instan dan amp yang kacang,” papar Dwi Raharjo, Ketua pelaksana sekaligus pemateri dari Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura.

Maksud lain diadakannya pelatihan ini juga sebagai bekal agar para petani mengerti teknologi pengemasan dan pelabelan produk gula kelapa, beserta bagaimana cara yang tepat untuk mengelola pemasaran dari produk yang mereka hasilkan ini. Sehingga perekonomian mereka dapat lebih sejahtera dan mengalami progress. Tentu melalui pembentukan UMKM di Sungai Klapah.

Upaya yang gencar dilakukan untuk mendongkrak pendapatan rumah tangga ini diakui Dwi sudah dilaksanakan dua kali. Sebelumnya berupa kegiatan sosialisasi dengan Kepala Desa Sungai Klapah dan kelompok gula kelapa di awal bulan Juni lalu.

Pihaknya juga berharap agar pembentukan Unit Mikro Kecil dan Menengah di Desa Sungai Klapah dapat direalisasikan secepat mungkin mengingat potensi Sungai Klapah sebagai daerah penghasil gula alami sangat menjanjikan, para petani disana memanfaatkan kulit kayu resak sebagai pengawetnya.