KPKR Adakan Kegiatan Deteksi Kanker Serviks Dan Payudara

KPKR Adakan Kegiatan Deteksi Kanker Serviks Dan Payudara

GENCIL.NEWS, LANDAK – Komunitas Peduli Kesehatan Reproduksi (KPKR) bekerjasama dengan Pemkab Landak menggelar pemeriksaan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) gratis, Selasa (28/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan seminar KPKR yang bertujuan untuk mendeteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

Untuk pemeriksaan ini KPKR  menyiapkan sejumlah tim sepesialis dari Jakarta dan lokal yang di komandoi oleh Dr.Yusuf Kristianto, MM, MHA,  MPH, PhD, dan di bantu Dinas Kesehatan Kabupaten Landak dan Puskesmas Pahauman.

Masyarakat kecamatan Sengah Temila dan sekitarnya menyambut baik di gelarnya acara ini terbukti dengan antusiasnya peserta dalam kegiatan seminar dan pemeriksaan payudara dan tes IVA secara gratis.

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa saat di temui tim KPKR Indonesia saat menyampaikan hasil seminar mengatakan bahwa deteksi dini yang dilakukan tim KPKR Indonesia sangat positif untuk daerahnya.

“Saya senang dengan semangat kawan-kawan untuk daerah ini semoga ke depan kita dapat jadi mitra yang baik untuk kesehatan masyarakat,” katanya.

dr. Karolin menganjurkan masyarakat, khususnya perempuan, untuk melakukan deteksi dini kanker serviks atau leher rahim dan kanker payudara untuk mencegah angka kesakitan dan kematian.

Ketua Umum Komunitas Peduli Kesehatan Reproduksi Indonesia, Ns.Angelia Diaeka Jenneri Ria, S.Kep mengatakan, dua item kegiatan ini adalah bagian dari upaya mensosialisasikan sejak dini pentingnya kesehatan reproduksi kepada masyarakat.

Senada dengan Ketua Umum Komunitas Peduli Kesehatan Reproduksi Indonesia, Tokoh masyarakat Pahauman Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si menyambut baik acara pemeriksaan gratis ini yang sangat bermanfaat bagi para wanita.

“Saya menyambut baik acara ini karena sangat bermanfaat buat para ibu – ibu khususnya warga pahauman, ame gali boh priksa demi kesehatan diri, ame sampe dah stadium lanjut baru bakalut” ujar mantan Bupati Landak dua periode itu.

Disela-sela kegiatan, We’ Topo salah seorang peserta yang ikut dalam kegiatan pemeriksaan menyatakan sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang sangat bermanfaat bagi wanita ini.

“Saya sangat berterima kasih, kami sudah di fasilitasi pemeriksaan yang vital buat para wanita dan saya berharap agar KPKR rutin mengadakan kegiatan seperti ini” ujar We’ Topo.

Sementara dr. Kresensia Novika Lely Yosmawati yang terlibat dalam pemeriksaan sekaligus sebagai koordinator KPKR di Landak mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan payudara, ditemukan bahwa ada 2 orang yang perlu perhatian lebih, yaitu 1 orang dengan benjolan dan 1 orang dicurigai infeksi pada​ payudara, sementara untuk test IVA, ada 2 orang yang perlu pemeriksaan ulang 2 minggu ke depan untuk memastikan hasil positifnya