Polsek Toho Dan Pemkab Lakukan Vaksinasi Cegah Rabies

Polsek Toho Dan Pemkab Lakukan Vaksinasi Cegah Rabies

GENCIL.NEWS, MEMPAWAH – Pencegahan terhadap penyebaran rabies di sejumlah wilayah di Kabupaten Mempawah terutama di wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah darurat rabies gencar dilakukan.

Hal ini adalah  untuk mengantisipasi kejadian beberapa waktu lalu  yang terjadi di salah satu desa di kecamatan Toho, masyarakat diresahkan oleh gigitan anjing yang di duga mengidap rabies.

Dalam hal ini Polsek Toho bersama pemerintah kabupaten Mempawah yakni Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta  Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan perikanan Kabupaten Mempawah  mengerahkan beberapa petugas untuk melakukan vaksinasi di 8 desa se – kecamatan Toho, Senin (16/10)

Kapolsek Toho Iptu Gatot Poerwarno dibantu anggota babinkamtibmas masing-masing desa beserta dinas peternakan melakukan vaksin terhadap binatang yang di duga mengidap rabies.

“Target yang harus di capai selama 2 bulan ini harus dapat mencapai 1000 yang harus di vaksin. Sedangkan saat ini hasil yang di capai baru sekitar 200,”ujarnya

Maka dari itu, anggota bhabinkamtibmas juga dikerahkan dalam upaya mencegah rabies di kecamatan Toho ini dalam berbagai cara.

“Pihak kami beserta intansi terkait akan terus melakukan upaya pencegahan terhadap hewan yang di duga mengidap rabies secara berkala,”jelasnya.

Tentunya pencegahan ini dilakukan bekerjasama dengan dinas pertanian ketahanan pangan dan peternakan kabupaten Mempawah.

“Selain upaya antisipasi, hal ini juga menindak lanjuti kejadian terdahulu dan hasil binteknis,”jelasnya.

Bahkan saat ini,  para Bhabinkamtibmas  polsek Toho, sudah punya kualifikasi sebagai vaksinator virus rabies.

Terlebih berkaca dari kejadian sebelumnya, penyebaran rabies di Kabupaten Mempawah hingga sempat dinyatakan status kejadian luar biasa (KLB).