Atbah Serukan Dukungan Solidaritas Untuk Palestina

Atbah Serukan Dukungan Solidaritas Untuk Palestina

GENCIL.NEWS, SAMBAS – Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengatakan, sebagai bagian dari umat Islam, penting untuk memberikan dukungan bagi Palestina, khususnya terkait isu yang santer beberapa waktu terakhir, pasca klaim sepihak dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Yerussalem sebagai ibukota negara Israel.

“Memberikan dukungan terhadap kebebasan Palestina dari pendudukan Israel, harus terus disuarakan,” ujarnya, saat mengisi tausiyah Doa Bersama Untuk Palestina di Masjid Raya Singkawang pada Sabtu Malam (23/12).

Menurut Atbah, dukungan tersebut sejalan dengan amanat konstitusi Bangsa Indonesia.

Konstitusi negara kita termasuk diantaranya adalah menentang penjajahan dunia.

“Konflik di Palestina adalah bentuk penjajahan Israel atas Palestina. Sudah semestinya kita memberikan dukungan pembebasan Palestina dari penjajahan,”tegasnya.

Dikaitkan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia, sebut Atbah, dukungan pembebasan Palestina bukan sekedar trending topic semata.

Palestina sebut dia, termasuk negara yang dari awal mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Sebagai bentuk solidaritas, kita pun wajib menegaskan kebebasan Palestina, mereka terlebih dahulu memberikan dukungan terhadap kita,” jelas Atbah.

Atbah menjelaskan untuk menyerukan dukungan terhadap pembebasan Palestina terhadap penjajahan Israel, dapat dilakukan dengan beragam cara.

“Jihad langsung ke Palestina, InsyaAllah mendapatkan pertolongan besar dari Allah SWT. Cara lain yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terus berdoa kepada Allah SWT. Kemudian memberikan dukungan materil bagi hamba Allah yang akan berjihad, dan mempertajam ilmu tentang Palestina,” paparnya.

Menurut Atbah pula, kita harus mempunyai empati terhadap warga Palestina yang mengalami konflik penjajahan tersebut.

“Mengapa? Karena kita dulunya juga pernah dijajah. Sudah sepantasnya kita menentang penjajahan itu,”ujar dia.

Atbah meminta, semua umat Islam bersatu. Dia berharap momentum klaim sepihak Trump terhadap Kota Yerussalem, adalah kebangkitan bersatunya kekuatan umat Islam diseluruh dunia.

“Semoga Allah mempercepat pertolongan-Nya kepada umat muslim,” sambungnya.

Doa bersama yang digagas MUI Kota Singkawang tersebut, dihadiri pejabat dari Pemkot Singkawang, Dandim 1202 Skw, Kapolresta Singkawang, Tokoh Agama Islam Singkawang dan ratusan Jamaah Masjid Raya Singkawang.

Dari momentum itu, dilakukan doa dan shadaqah untuk Palestina, dana yang terkumpul mencapai lebih dari sebelas juta rupiah.