ADD dan DD Sanggau Cair 100 Persen Di Tahap Pertama

ADD dan DD Sanggau Cair 100 Persen Di Tahap Pertama

GENCIL NEWS – KABUPATEN SANGGAU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau, Siron menyampaikan bahwa dana desa tahap pertama di tahun 2017 ini sudah mencapai 100 persen.

“Dari 163 desa yang ada di Sanggau sudah cair 100 persen, untuk anggaran desa (ADD) Rp 92 milliar lebih sedangkan dana desa (DD) Rp 130 milliar lebih,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pada tahap ni pencairan merupakan 60 persen dari anggaran, jadi masih ada 40 persen lagi yang akan dicairkan pada tahap kedua.

“Untuk tahap pertama ini kita masih menunggu LPJ dari masing-masing desa. Hingga saat ini belum ada yang masuk LPJ nya ke kita. ternyata kemarin pas ke Provinsi, Kabupaten Sanggau yang pertama pencairan tahap pertam dana desa dan anggaran dana desa yang 100 persen,” ujarnya.

Siron juga menegaskan dana ini diberitahukan secara transparan kepada masyarakat. Sehingga Kades benar-benar menjalankan tugasnya sesuai dengan dana yang ada dan program yang ingin direalisasikan.

Siron menambahkan bahwa proses verifikasi akan dilakukan oleh Sekdes di masing-masing desa , sementara pihak kecamatan menjadi fasilitator.

“Untuk besaran dana desa yang paling tinggi sebesar Rp 1,6 milyar, satu diantaranya desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong dan yang terendah Rp 1,3 milyar,” tutupnya.

Dengan dicairkannya dana ini semoga rencana-rencana serta program yang telah disusun sejak jauh-jauh hari untuk kemajuan pembangunan di desa dapat segera terwujud.