Jumadi: Kualitas Sahang Berimbas Pada Harganya Di Pasaran

Jumadi: Kualitas Sahang Berimbas Pada Harganya Di Pasaran

GENCIL NEWS – KABUPATEN SANGGAU – Ketua DPRD Sanggau, Jumadi, mengatakan bahwa kualitas sahang atau lada yang dijual akan berpengaruh terhadap harga jualnya di pasar. Terlebih jika mengingat mayoritas pembeli yang berasal dari Malaysia.

Hal ini tentu menimbulkan sedikit kekhawatiran menilik potensi lada sebagai salah satu komoditas yang cukup menjanjikan di Sanggau dan hampir sebagian besar petani yang bermukim disana menggantungkan hidupnya dari hasil panen lada ini.

“Untuk itu, diharapkan agar petani sahang atau lada di Snggau agar tetap menjaga kualitas sahang yang dijual. Karena sedikit saja ada masalah, tentu imbasnya pada harga sahang dan berpengaruh dengan semua petani sahang,” ujar Jumadi.

Problema ini bukan saja disayangkan oleh Ketua DPRD Sanggau, namun juga petani yang ada di Kabupaten ini. sebab dengan melemahnya harga sahang, tidak menutup kemungkinan bahwa perekonomian mereka akan terpuruk lantaran tidak ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan harian. Kalau sudah begini, mereka tentu tak bisa berpangku tangan dan harus putar akal untuk mencari pendapatan lain.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau itu berharap, agar harga sahang dapat kembali stabil, sebab turunnya harga sahang ini akan menimbulkan efek fatal bagi penghasilan petani sahang.

“Namun kualitas sahang yang dijual harus benar-benar diperhatikan. Sehingga tidak ada lagi penurunan sahang. Kan kasihan petani sahang yang memang penghasilan utamanya dari sahang,” tutupnya setelah mengungkapkan keprihatinan atas persoalan yang sedang menimpa petani lada di Sanggau ini.