Wabup Minta Kampung KB Dibina Sebaik Mungkin

Wabup Minta Kampung KB Dibina Sebaik Mungkin

GENCIL.NEWS, SANGGAU – Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Berakak Kecamatan Tayan Hulu, Desa Semayang Kecamatan Kembayan dan Desa Empirang Ujung Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau tahun 2017, dinyatakan resmi dimulai.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mengatakan guna memperhatikan target nasional yang mana diharapkan pada 2017 ini, harus terbentuk satu desa/kampung KB di setiap kecamatan.

“Maka untuk itu, kabupaten Sanggau 2017 ini berusaha merealisasikan target pembentukan kampung KB tersebut yang ditujukan pada desa fokus pada setiap kecamatan,”ujarnya, Kamis (23/11)

Kemudian lanjutnya, akan dilakukan pembinaan pada tahun berikutnya dengan mensinergikan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan program lintas sektor lainnya.

“Hal tersebut cukup beralasan apabila pembangunan kependudukan dimulai dari wilayah pinggiran yaitu kampung atau desa,”ucapnya

Dirinya lebih lanjut mengatakan, kepada instansi terkait yang ada di kabupaten Sanggau dan perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Barat secara khusus, agar kampung KB ini dibina dan diadvokasi dengan sebaik-baiknya.

“Bukan hanya mengejar terbentuknya kampung KB di masing-masing kabupaten/kota serta kecamatan semata. Namun yang lebih penting dan strategis adalah bagaimana menjadikan kampung KB tersebut sebagai miniatur atau potret dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan kependudukan KB dan pembangunan keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, kecamatan serta desa/kampung,”jelasnya

Dirinya juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat yang hadir agar tetap selalu menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Manfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayur mayur, terapkan budaya hidup bersih dan sehat serta perhatikanlah pendidikan anak dalam keluarga,”pesannya