Gusti Mahmud Buang Nahkodai KAHMI Sekadau Periode 2017-2022

Gusti Mahmud Buang Nahkodai KAHMI Sekadau Periode 2017-2022

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Pengurus Majelis Daerah, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Sekadau menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-I untuk memilih pemimpin yang akan menahkodai perhimpunan alumni salah satu organisasi tertua yang ada di Indonesia ini untuk masa lima tahun mendatang.

Musyawarah Daerah yang berlangsung di Mess Pemda Kabupaten Sekadau, Sabtu, (7/10) diikuti oleh hampir semua alumni HMI asal Kabupaten Sekadau dan sebagian anggota aktif HMI Kabupaten Sekadau yang turut menyempatkan diri hadirnya khususnya yang berasal dari Cabang Sintang dan Cabang Pontianak ini semakin membuktikan bahwa HMI Sekadau cukup solid.

Dalam suasana sidang pleno yang alot serta beberapa kali hujan intrupsi ini akhirnya memilih Gusti Mahmud Buang sebagai nahkoda untuk KAHMI Sekadau. Mahmud Buang sendiri bukan wajah asing dalam pengurus Majelis Daerah (MD) KAHMI Sekadau. Sebelumnya ketua KPU Kabupaten Sekadau ini juga menduduki jabatan yang sama sebelum akhirnya terpilih kembali.

“Kalau ini saya dipilih langsung oleh peserta Musda, sebelumnya saya ditunjuk sebagai pimpinan oleh Majelis Wilayah (MW) KAHMI Provinsi Kalbar sebab waktu itu belum ada Musda dan hampir semua pimpinan KAHMI tingkat Kabupaten itu ditunjuk termasuk saya,” ujarnya kepada media ini seusai kegiatan

Suasana Pembukaan Musyawarah Daerah KAHMI Sekadau di hadiri anggota DPR RI Komisi XI, H. Sukiman, S.Pd.,MM

Mahmud Buang berjanji dirinya akan memimpin KAHMI Sekadau dengan baik, ia berharap seluruh alumni bersatu untuk memantapkan tujuan dan memperkokoh persatuan. Kendati jumlah alumni asal Kabupaten Sekadau tidak sebanyak daerah lain namun Mahmud Buang optimis kedepan akan semakin banyak generasi HMI asal Kabupaten Sekadau yang akan lahir.

“Yang terpenting adalah tugas kita sebagai mitra pemerintahan sekaligus pengawal bagi jalannya pemerintahan tidak kita lupakan. Kita harus tetap kritis menyikapi berbagai persoalan yang ada dan saya pikir kader-kader sudah paham semua. Nanti saya bersama pengurus akan memantapkan perjuangan itu, termasuk mendorong agar kader-kader aktif yang ada dan masih kuliah sekarang bisa semakin meningkat kualitas diri dengan berupaya melahirkan kader-kader muda asal Kabupaten Sekadau,”lanjutnya

Mahmud Buang sendiri menang cukup telak setelah melewati proses pengajuan calon dengan suara terbanyak. Ada sebanyak lima calon yang diajukan peserta Musda, namun empat calon lainnya gugur lantaran mereka tidak mengantongi cukup banyak suara untuk maju pada tahap selanjutnya.

Syarat calon adalah memperoleh lima suara untuk bisa maju ketahap selanjutnya, namun dari 17 suara sah alumni yang hadir hanya Mahmud Buang yang memperoleh dukungan sebanyak 10 suara. Sementara calon lainnya, masing-masing, Al Aminudin sebanyak 2 suara, Kateni sebanyak 1 suara, Solihin sebanyak 1 suara dan Julfadli juga mengantongi 1 suara dan dua suaranya lainnya dinyatakan tidak sah lantaran kertas kosong dan satu lagi berisi tiga nama calon sekaligus. Dengan hasil ini berati tidak ada calon yang berhak maju ketahap selanjutnya dan Mahmud Buang dinyatakan sebagai Ketua Umum terpilih masa jabatan periode 2017 – 2022