Jarot Winarno Yakin Open Government Akan Mendorong Partisipasi Publik Yang Efektif

GENCIL.NEWS, SINTANG – Pemerintah daerah Kabupaten Sintang dan UPT. TIK. Universitas Tanjungpura, mengadakan seminar tentang Penyusunan Rencana Induk TIK Kabupaten Sintang 2017-2022 yang bertempat di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Rabu (20/12) Kegiatan ini dihadiri sekitar 175 orang dari seluruh SKPD di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, pada saat membuka seminar ini, mengatakan bahwa di era Generasi Gadget seperti saat ini, pemerintah daerah harus dapat mentransformasi dirinya menjadi lebih ‘terbuka’ dengan menerapkan prinsip open government.

“Open Government akan mendorong partisipasi publik yang efektif, sehingga rencana induk TIK ini harus bisa mendesain penerapan TIK di kabupaten Sintang, menjadi TIK yang interaktif agar prinsip inklusif dan kebersamaan dalam Open Government dapat terwujud dengan baik” jelas Jarot Winarno

Bupati Sintang mengharapkan dengan adanya TIK ini segala akses dan kemudahan informasi haruslah menjadi nomor satu

“Data primer Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dapat diakses dengan mudah, dapat diproses secara otomatis, non diskriminatif, non eksklusif, berlisensi bebas”

Lanjut, dan dapat diterbitkan di situs website Pemda Kabupaten Sintang secara menyeluruh sehingga masyarakat dapat ikut bersama dalam proses kolaborasi, ko-kreasi dan berpartisipasi secara efekfif, aktif dengan menginformasikan, berkonsultansi dengan Pemerintah Daerah

Sehingga transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Daerah akan semua proses pembangunan dapat diketahui oleh masyarakat dengan jelas, yang akhirnya dapat mewujudkan visi dan misi kabupaten sintang yang membangun masyarakat yang cerdas, sehat dan relijius melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara itu, kepala dinas Kominfo Kabupaten Sintang, G. A. Anderson, S.H., M.M mengatakan bahwa Kabupaten Sintang harus segera mewujudkan Rencana Induk TIK Kabupaten Sintang ini dengan membangun kemitraan antara semua lembaga, baik dari pemerintahan, inspektorat, KPK, LSM dan Akademisi

“Kita berharap agar Kabupaten Sintang dapat sejajar dalam memberikan akses informasi dan berinteraksi dengan masyarakat melalui sistem online seperti Kabupaten lain di Jawa yang sudah menerapkannya”kata Kepala dianas Keminfo Sintang

Dr. Erdi, M.Si yang mewakili Universitas Tanjungpura dalam penyusunan Rencana Induk TIK juga mengatakan sangat setuju dengan prinsip Open Government yang diadaptasi oleh Pemda Kabupaten Sintang dari pemikiran Simrel King dan Camilla Stive dalam bukunya Government is US dimana keberadaan IT akan selain dapat meningkatkan kualitas layanan tanpa batasan diskriminasi juga meningkatkan kapasitas partisipasi publik dalam pemerintahan.

Menurutnya, Pemerintah yang telah menerapkan Open Government melalui IT, ke dalam dapat menekan tindak korupsi dan ke luar dapat meningkatlan citra pemerintah.

Sebagai seorang akademisi yang telah malang- melintang di berbagai seminar internasional, Dr. Erdi juga mengajak semua elemen, mulai dari pemda dan dewan hingga swasta dan masyarakat di Kab. Sintang untuk mewujudkan Open Government melalui apkikasi TIK sebagai katalisator.

“Oleh karenanya hal yang diperlukan adalah mewujudkan segala tahapan yang telah dibuat dalam rencana induk TIK ini bersama-sama, sehingga di tahun 2022 Kabupaten Sintang sudah menjadi kabupaten yang memiliki service excellent berbasiskan TIK yang baik dan mudah” jelas Erdi.

Tidak hanya itu Dr. Erdi melalui UPT. TIK UNTAN selain mendukung komitmen Pemda Sintang, juga siap mendampingi agar pemda mampu menerapkan TIK dalam pelayanan publik di Kabupaten Sintang pada khususnya dan Kalbar pada umumnya.