PTPN XIII Pertemuan Bersama 7 Kepala Desa

PTPN XIII Pertemuan Bersama 7 Kepala Desa

GENCIL.NEWS, SINTANG – Berdasarkan Peraturan Bupati Sintang nomor 39 tahun 2015, tanggal 27 Juli 2015 tentang Pedoman Pembangunan Kebun/ Tanah Kas Desa oleh perusahaan perkebunan di wilayah kabupaten Sintang, unsur pimpinan kecamatan Dedai memfasilitasi pertemuan antara PTPN XIII bersama tujuh Kepala Desa yang yang terdapat HGU milik PTPN XIII, di Kantor Camat Dedai Kabupaten Sintang, Rabu (18/10) siang.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Camat Dedai Drs. Subendi, M.Si tersebut membahas tentang tekhnis perjanjian kerjasama (MoU) antara pihak PTPN XIII dan pihak desa. Perjanjian kerjasama tersebut tidak sama antara satu desa dengan desa lainya, tergantung dengan wilayah geografis maupun luasan wilayah HGU PTPN XIII yang berada di desa tersebut.

Kapolsek Dedai Iptu Warsono mengatakan kegiatan tersebut memang penting untuk dilaksanakan.

Karena dapat mengurangi timbulnya perselisihan yang sering terjadi antara pihak perusahaan dengan masyarakat.

“Dari kacamata kepolisian, saya menilai jika sudah ada terbentuk kesepakatan antara pihak desa dan pihak PTPN XIII yang nantinya dapat tertuang dalam Surat Perjanjian Kemitraan, maka akan dapat mengurangi resiko konflik antara kedua belah pihak,”ujarnya.

Lantas ia meminta saat ini semua pihak mencari win win solution, semua pihak dapat diuntungkan.

“Jika saya lihat Perbup no.39 th 2015 ini sangat berguna bagi masyarakat desa, karena dapat menambah income untuk desa yang bersentuhan langsung, dan dapat menambah penghasilan kepada masyarakat. Jika masyarakat sudah mempunyai penghasilan maka dengan sendirinya dapat mengurangi resiko kriminalitas yang ada di desa tersebut”, ujar Kapolsek dalam sambutanya