Kepastian Penyelenggaraan Pilkada Sanggau 2018

Kepastian Penyelenggaraan Pilkada Sanggau 2018

GENCIL NEWS – KABUPATEN SANGGAU – Sekudus Ratih selaku ketua Pemilihan Umum atau KPU memastikan pilkada Sanggau akan digelar pada 2018 mendatang. Dan pihaknya sudah melakukan persiapan dari sekarang. Meski masih lama, perhelatan akbar ini dipersiapkan mulai sekarang karena pada 2018 mendatang akan bersamaan dengan Pilgub Kalbar.

Perhitungan penyelenggaraan pilkada ini tergantung dengan masa jabatan Bupati sekarang. Jika masa jabatannya berakhir pada semester kedua2018 maka penyelenggaraan pilkada akan dilakukan pada 2018, dan jika jabatannya berakhir pada awal 2019 maka pilkada akan diselenggarakan pada bulan Februari 2019.

Dengan begitu Sukdus bersama Komisioner KPU Sanggau sedang menunggu Yohanes Ontot Wakil Bupati Sangga untuk membicarakan persiapan pelaksanaan pilkada 2018.

Dalam pilkada 2018 mendatang, akan ada peraturan baru yang akan diberlakukan. “Alat peraga kampanye, keseragaman jumlah dan jenisnya dari PKU tidak lagi dari calon namun dari KPU, dan termasuk juga iklan kampanye di media masa. Dengan kata lain calon yang berkantong tebal atau tipis mendapatkan perlakuan yang sama,” menurut Sekudus.

Selain itu, menurutnya penyelenggaraan ini juga bersifat adhoc, dimana bagi yang telah menjabat selama dua periode tidak diperkenalkan lagi menjadi penyelenggara. “Seperti PPK dan PPS yang sudah bertugas pada 2009 dan 2014 berarti tak bisa lagi,” ujarnya

Dengan adanya perubahan regulasi ini, maka dipastikan anggaran KPU diprediksikan akan membengkak, bahkan Sekudus memprediksi anggaran yang dikeluarkan akan dua kali lipat lebih banyak dari pilkada sebelumnya.

“Atau mungkin saja lebih, dulu anggaran KPU Rp 14 miliar,” ujarnya.