Ketika Anak-anak SD Naiki Kapal Perang TNI AL

Ketika Anak-anak SD Naiki Kapal Perang TNI AL

GENCIL.NEWS – PONTIANAK – Apa rasanya menaiki kapal perang yang dimiliki TNI AL? Tentu menyenangkan dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Hal ini sudah dirasakan oleh anak-anak SD I Semesta Khatulistiwa Pontianak yang pada hari Kamis (26/10) mereka diberikan kesempatan menaiki kapal perang tersebut.

Kunjungan para siswa siswi SD I Semesta Khatulistiwa Pontianak kota beserta guru pendamping ke Markas komando (Mako) Lantamal XII, Kamis (26/10) dalam rangka Life Skill (pengenalan ke lingkungan/lembaga). Kedatangan mereka disambut baik oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal XII ) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi yang di wakili Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut ( KH) Drs. Mulyono.

Kegiatan Life Skill para siswa SD I Semesta Khatulistiwa sangat baik dilakukan karena tujuan adalah untuk menambah wawasan para siswa tentang TNI Angkatan Laut, mengenal Kapal Perang TNI Angkatan Laut serta memupuk cinta kebaharian sejak dini.

Kegiatan para siswa tersebut, diisi dengan penjelasan informasi tentang TNI Angkatan Laut yang kemudian dilanjutkan berkunjung ke KRI SIWAR dengan nomor lambung 646 yang di Komandani Letkol Laut (P) Bagus Cahya Utama merupakan salah satu jenis Kapal Cepat Rudal (KCR-40) yang memiliki persenjataan antara lain meriam caliber 20 mm, meriam 12,7 mm dan senjata andalan yaitu rudal C-705 buatan PT. Palindo Marine Shipyard Batam hasil karya anak bangsa Indonesia dalam jajaran satuan kapal cepat Komando Armada RI Kawasan Barat Jakarta.

Lebih lanjut, sebanyak 58 siswa siswi SD I Semesta Khatulistiwa beserta 14 guru pembimbing selama melaksanakan kunjungan tersebut, para siswa menerima penjelasan tentang pengenalan beberapa ruangan KRI SIWAR 646 seperti anjungan, haluan, lounge room perwira serta penjelasan tentang tata cara kehidupan di KRI SIWAR  dan melihat dari dekat peralatan yang miliki KRI SIWAR 646 dengan didampingi para guru secara bergantian dan terpimpin.

Kunjungan para siswa SD ke TNI Angkatan Laut ini perlu diapresiasi, hal ini merupakan sarana edukasi dan pembelajaran sejak dini untuk mengenalkan TNI AL beserta tugas-tugasnya.