Kinerja Bank Pasar Melempem

Kinerja Bank Pasar Melempem

 

GENCIL.NEWS –  Wakil Ketua Komisi C DPRD KOta Pontianak, Hamyani, SE,  mengungkapkan, kinerja BPR Bank Pasar Kota Pontianak terus menjadi sorotan lantaran hingga saat ini belum memberikan kontribusi berarti, baik perbaikan internal maupun cakupan pendapatan.

Diakuinya, dari dua perusahaan daerah Kota Pontianak, yaitu PDAM Tirta Khatulistiwa dan BPR Bank Pasar, Bank Pasar lah yang paling mendapat perhatian serius mengingat hingga saat ini keseluruhan pelayanan dianggap belum maksimal.

“Kita akui Bank Pasar jauh dari harapan, kinerjanya melempem. Kemajuan masih stagnan saja, tidak ada perubahan berarti. Namun, meskipun demikian tidak menyurutkan semangat bagi Bank Pasar untuk terus berbenah dan berinovasi karena potensi Bank Pasar itu besar jika dikelola dengan baik dan komprehensif,” katanya, Jumat kemarin.

Namun, masalahnya anggaran Bank Pasar belum besar sehingga penyertaan modal akan dianggarkan lagi kedepannya.

“Kita bahas di tahun ini, mungkin kita anggarkan secara bertahap. Jika per tahun itu Rp 2 miliar tahun berikutnya juga kita anggarkan nanti kita bahas berapa anggaran yang pasti untuk penyertaan modal tahun depan itu,” ujarnya.

Hamyani mengungkapkan, sebenarnya nasabah yang dikelola Bank Pasar cukup lumayan baik. Dari 6.000 pegawai di lingkungan pemkot, ada sekitar 10 persen yang berhasil dirangkul Bank Pasar, yaitu sebanyak 1.300 lebih pegawai.

“Itu menurut kami angka yang lumayan, 25 persen pegawai. Bayangkan jika kualitas pelayanan dan produk perbankannya benar-benar berjalan dengan baik, tentu jumlah nasabah akan semakin besar. Ke depan, kita akan meminta Bank Pasar untuk menyeimbangkan bunga bank yang saat ini menjadi perhitungan dari bank, biar calon nasabah bisa tertarik,” ucapnya.

Diakuinya, kondisi Bank Pasar masih belum sehat sehingga penyertaan modal sangat dibutuhkan.

“Bank Pasar tidak mungkin bersaing dengan bank lainnya, namun yang saya lihat manajemen sekarang sudah baik tetapi karena keterbatasan dana maka programnya menjadi sedikit, ke depan kita akan anggarkan lagi demi pemulihan Bank Pasar itu sendiri,” ucapnya. (all)