PC Muhammadiyah Pontianak Utara Launching Program Donatur Amal Usaha Kesehatan Rumah Sehat Klinik Luka

PC Muhammadiyah Pontianak Utara Launching Program Donatur Amal Usaha Kesehatan Rumah Sehat Klinik Luka

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Acara yang berlangsung di kantor kelurahan Siantan Hulu, Pontianak Utara ini dihadiri oleh Camat, Lurah Siantan Hulu, Bhabinkamtibmas, PD Muhammadiyah Kota Pontianak, Tokoh Adat dan Agama Siantan Hulu, Organisasi Otonom tingkat daerah ( PD IPM, PD Tapak Suci, Kwarda Hizbul Wathan ) serta warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Pasca pelaksanaan Musyawarah Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-2 bulan April silam dan telah merumuskan beberapa program kerja, agenda pelantikan ini akhirnya terlaksana di kantor Kelurahan.

Bersamaan dengan agenda tersebut, panitia menggelar Bakti Sosial Kesehatan dan Bekam Gratis bekerjasama dengan Komunitas Ibnu Sina yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar Siantan Hulu, di antaranya Pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat, Kolestrol, serta Bekam.

Antusiasme warga Siantan Hulu sangat positif dengan diadakannya agenda seperti ini bahkan salah satu di antara warga berharap ini bisa menjadi agenda rutin yang harus tetap dilaksanakan.

Karena agenda seperti ini adalah agenda yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Bagi masyarakat dengan pendapatan ekonomi menengah ke bawah, tentu acara seperti ini sangat membantu serta sangat terasa kebermanfaatannya.

Mengingat penyediaan jasa kesehatan di Pontianak Utara masih sangat minim, tentu ini menjadi program yang sangat positif untuk terus dilaksanakan agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Pihak kelurahan sangat menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan, namun untuk kegiatan selanjutnya ia berharap bisa menggandeng beberapa pihak jasa kesehatan seperti puskesmas dan elemen Pemerintahan Kecamatan Pontianak Utara karena program-program tentang kesehatan masyarakat ini juga menjadi program penting untuk terus disosialisasikan.

“Kami sangat merespon baik dengan diadakannya kegiatan ini, semoga kedepannya kegiatan ini bisa menggandeng dari pihak puskesmas serta elemen pemerintahan kecamatan Pontianak Utara, karena pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sangat penting dan semoga ini bisa terus dilakukan secara rutin.“ ujar Tirta Arifin, Lurah Siantan Hulu.

Selain agenda bakti sosial kesehatan, PCM Pontianak Utara juga me-launching Program Donatur Amal Usaha Kesehatan Rumah Sehat “Klinik Luka“.

Program kerja yang bergerak dibidang kesehatan ini adalah program kerja jangka panjang yang akan digagas dan direalisasikan oleh PCM Pontianak Utara.

Melihat kondisi serta masih minimnya akan pelayanan terhadap kesehatan yang berhubungan dengan luka, atas dasar inisiatif inilah PCM mencanangkan program tersebut.

Hal ini sangat didukung oleh Pemerintah Kecamatan Pontianak Utara untuk terus memberikan pelayanan tentang kesehatan terhadap masyarakat.

“Saya sangat tertarik dengan Rumah Sehat Klinik Luka ini, karena di Kota Pontianak ini masih sangat jarang jasa pelayanan kesehatan yang khusus menangani tentang penyakit-penyakit luka, dan saya berharap Rumah Sehat ini bisa berdiri di Pontianak Utara,“ ujar Aulia Candra, Camat Pontianak Utara.

Beliau juga mengungkapkan bahwa dengan akan didirikannya Klinik tersebut ini sudah cukup membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Di Pontianak Utara sendiri meskipun Puskesmas Siantan Hilir sudah melayani 24 jam, ini masih dianggap kurang untuk melayani masyarakat misalnya saat ada seorang ibu ingin melahirkan, maka ia harus dibawa ke rumah sakit yang berada di luar daerah Pontianak Utara.

Banyak hambatan yang harus dilalui ketika harus menuju rumah sakit tersebut, yaitu kondisi jarak tempuh yang jauh serta arus lalu lintas yang sangat padat.

Maka dengan akan diadakannya pendirian Rumah Sehat Klinik Luka ini nanti kedepannya bisa melayani masyarakat tentang pelayanan kesehatan serta kebutuhan para ibu-ibu yang ingin melahirkan dan lain sebagainya.

Muhammadiyah di Pontianak Utara harus berani menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi masyarakat yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Aulia Candra sangat berharap semoga Muhammadiyah di Pontianak Utara ini setelah dilantik untuk kedepannya dapat terus berinovasi dalam rangka memberikan pelayanan serta kesejahteraan bagi masyarakat Pontianak Utara dan bisa saling bersinergi dengan program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah Kecamatan Pontianak Utara.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pontianak, dibawah pengawasan PDM Kota Pontianak, mereka sangat mendukung penuh atas program kerja yang akan dicanangkan oleh PCM Pontianak Utara.

Tentu semua ini tidak akan berjalan dan berhasil tanpa tidak adanya dukungan dari berbagai pihak baik dari masyarakat pontianak utara sendiri maupun dari elemen pemerintahan Kecamatan Pontianak Utara.

“Tentu ini adalah inovasi yang sangat dinantikan kehadirannya oleh masyarakat Pontianak Utara dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat, maka dari itu kami mohon dukungan dari semua pihak yang berada di Pontianak Utara baik dari masyarakatnya sendiri maupun dari pemerintahan, untuk tenaga medis kami sudah banyak menyediakannya,“ ujar Rikza Thamrin, Sekretaris Umum PDM Kota Pontianak.