Wujud karya kreatif dan inovatif ditunjukkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Kalimantan Barat melalui lagu Mars Kampung KB.

Sesuai dengan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang juga menjadi perhatian penting dari Presiden RI, Joko Widodo, bahwasannya Kampung KB menjadi salah satu program pemerataan pembangunan lintas sektoral di kawasan terdalam terluar dan terisolir di seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti hal itu, BkkbN Kalbar lantas menciptakan sebuah lagu Kampung Berencana yang diciptakan oleh Kepala BkkbN, Kusmana dan Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Sondang Ratna Utari merupakan usaha dalam menggemakan secara terus menerus kampung keluarga bagi semua mitra dan lintas sektor.

“Kegiatan pengambilan suara dan  klip di tiga titik yaitu di lokasi Kantor perwakilan BkkbN Kalbar, taman digulis dan Gedung DPRD memiliki tujuan untuk mensosialisasikan  titik strategis terutama taman sebagai icon Kota Pontianak dan Gedung DPRD sebagai icon gedung rakyat,” ungkap Kusmana kepada Gencil.news.

Pencipta nada serta lirik, Sondang Ratna Utari mengakui jika lagu ciptaannya ini sengaja diaransemen dengan ritme sedang bertujuan memberikan semangat bagi siapa saja yang mendengar dan berharap lirik mudah diingat sehingga seluruh komponen masyarakat dapat merasakan manfaat dari lagu Kampung KB ini.

Baca juga   18 Kapal Asing Ditenggelamkan di Pulau Datuk

“Saya yang mengaransemen kemudian lirik berdua bersama Kaper dengan tujuan bisa menjadi lagu mars bagi program Kampung KB tidak hanya di Kalbar tetapi juga di Indonesia. Insya Allah akan di Launching pada perayaan Hari Keluarga Nasional di Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Ketua Apindo Kalbar, Andreas Acui Simandjaya mengatakan pembuatan video lagu kampung KB yang mana narasinya merupakan ciptaan Pak Uung panggilan akrab Kaper BkkbN dan Ibu Sondang mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen yang tergabung di PWG Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya sampai mengirimkan 3 personil yaitu saya sendiri, Bapak Kenny dan Ibu Anastasia untuk ikut menyukseskan kegiatan ini,” tegasnya.

Sebelum pengambilan video, dijelaskannya PWG telah terlebih dahulu melakukan perekaman vokal di studio BKKBN, sehigga Apindo mengharapkan dengan video lagu kampung KB ini dukungan bisa didapatkan masyarakat luas untuk mensukseskan program kampung KB.

Baca juga   19 Karat 'Pink Legacy' Seharga 745 Miliar Siap di Lelang

“Keberadaan Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dengan berbagai program yang didukung oleh berbagai komponen yang tergabung didalamnya PWG Provinsi Kalbar. Saya di sela kesibukan sebagai caleg DPR-RI dari Partai Nasdem dapil Kalbar1 menyempatkan diri untuk mendukung program Kampung KB ini,” tegasnya.

Sementara Ketua AIMI, Aditya Galih Mastika yang juga mengikuti serangkaian rekaman hingga proses video klip Lagu Kampung KB mengaku bahwa kegiatan tersebut sangat bagus. “Cara yang unik untuk menyatukan berbagai mitra dalam sebuah lagu,” urainya.

Ia menambahkan lagu Kampung KB merupakan sebuah lagu dan pembuatan video klip yang sebenernya singkat, tapi padat makna karena semua pihak yang ikut serta diajak untuk bersama sama mendukung Kampung KB.

“Kalau kami khususnya dari AIMI sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini, semoga ke depannya, sesuai dengan lirik lagunya, yakni semua masyarakat dan lintas sektor ikut berperan untuk mensukseskan Kampung KB,” pungkasnya.(dpw)