Mi Umur Panjang Di Singkawang Pada Tradisi Cap Go Meh dan Imlek

Mi Umur Panjang Di Singkawang Pada Tradisi Cap Go Meh dan Imlek

GENCIL NEWS – SINGKAWANG – Bagi perayaan besar warga Tionghoa mulai perayaan Imlek maupun Cap Go Meh tentunya banyak tradisi khas yang akan di selenggarakan, baik berupa pawai liong barong, lampion maupun sajian makanan khas. Meskipun di berbagai daerah ada tradisi yang berbeda tentunya ada banyak kemiripan dalam sajiannya.

Di Singkawang Kalimantan Barat, sehari sebelum Imlek masyarakat Tionghoa akan libur bekerja. Mereka berkumpul bersama keluarga besar untuk melaksanakan makan bersama. Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah Mi Umur Panjang. Dan yang uniknya lagi, Mi Umur panjang ini hanya terdapat di Singkawang dan hanya ada 1 pabrik saja yang memproduksinya yaitu di Pasar Utama Singkawang.

Sebenarnya mi umur panjang merupakan Mi Asin Singkawang, namun masyarakat Tionghoa lebih terbiasa menyebut dengan mi umur panjang, karena memiliki wujud yang panjang serta dengan filosofi yang bermakna harapan diberi umur panjang hingga tak berujung.

Mi umur panjang khas masyarakat Tionghoa Singkawang merupakan mi yang berwarna polos terbuat dari tepung biasa dan dengan bentuk panjang hingga 2 meter tanpa putus. Sajian pelengkap mi ini adalah bumbu asin khas dan lauk pauk lengkap berupa ayam, ikan bahkan disajikan bersama sirip ikan hiu.

Untuk cara menyantap mi umur panjang, prosesi sebelum anggota keluarga menyantapnya yaitu mereka harus memegang sumpit bersama lalu mengacak-acak mi tersebut. Dengan begitu mi umur panjang ini juga memberikan wujud kebersamaan masyarakat Tionghoa yang jarang berkumpul bersama keluarga.