Midji : Kegiatan Ini Sebagai Wujud Pendidikan Karakter

Midji : Kegiatan Ini Sebagai Wujud Pendidikan Karakter

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Sutarmidji atau biasa disapa Bang Midji, menuturkan kegiatan Khataman Al-qur’an massal tersebut untuk melaksanakan pendidikan karakter anak. Menurutnya, pendidikan karakter harus dimulai dengan ajaran agama dan diperkuat untuk mereka.

“Untuk memperkuat ajaran dan pemahaman agama yang dianut anak, dia harus memahami isi kandungan kitab suci agamanya masing-masing, dalam hal ini Islam, yaitu Alquran,” ucapnya, Sabtu (14/10)

Sutarmidji mengimbau, program Khataman Alquran massal ini harus terus berlanjut, karena Alquran menjadi media pendidikan karakter dan mampu memfilter budaya yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

“Siapa pun nanti wali kotanya, program ini harus continue, harus dilaksanakan, ini kan salah satu media untuk pendidikan karakter anak, dan juga bisa menjadi media untuk memfilter perkembangan Iptek, yang bisa masuk budaya-budaya yang tidak sesuai budaya lokal. Hanya ajaran agama yang bisa memfilter itu dan akar budaya yang berlandaskan pada agama,” pungkasnya.

Khataman Alquran massal ini merupakan kali kedua dalam masa kepemimpinan Sutarmidji sebagai Wali Kota Pontianak. Enam tahun yang lalu sudah jadi program kota, yaitu anak tamat SD sudah bisa baca tulis huruf Alquran, tamat SMP, sudah harus Khatam Alquran.

“Kalau belum tamat SMP belum khatam Alquran, maka kita didik di masjid dan di TPA tertentu dan mushola sekolah, supaya dia khatam Quran,” ujarnya pada kegiatan Khataman Masal di Masjid Raya Mujahidin Pontianak