Parkir di Taman Alun Kapuas Makin Nyaman

GENCIL NEWS – Sejak diberlakukannya mesin gate parkir untuk masuk dan keluar di area Taman Alun Kapuas per Jumat (19/05/2017), kini parkir lebih aman dan nyaman. Pengelolaan parkir yang dikelola oleh PT Gedung Mas Sentosa (GMS) bekerjasama dengan Pemkot Pontianak ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Pemkot Pontianak.

Pengelola GMS, Meyzar mengatakan kerjasama pengelolaan ini dilakukan untuk membantu Pemkot Pontianak dalam meningkatkan kontribusi PAD di Kota Pontianak melalui sarana umum yang dikelola Pemkot selama ini, termasuk di areal Taman Alun Kapuas. “Selain meningkatkan PAD, tujuannya agar pengunjung juga merasa aman menyimpan kendaraannya,” ujar Meyzar.

Pengelolaan dilakukan dengan cara membuat gate masuk dan keluar melalui mesin parkir, sehingga pengunjung yang hendak masuk ke areal Taman Alun Kapuas akan mendapatkan tiket parkir dengan menekan tombol yang ada di mesin tersebut. Selanjutnya, tiket tersebut akan diberikan ke petugas parkir yang ada di gate keluar dengan membayar biaya parkir.

Sejak pertama kali, diberlakukan gate masuk dan keluar Jumat (19/05/2017), tercatat 800-an pengunjung yang masuk ke Taman Alun Kapuas dengan biaya flat uji coba Rp 1.000 per satu jam untuk semua kendaraan baik motor maupun mobil. Selanjutnya, harga tiket parkir per Senin (22/05/2017) akan diberlakukan Rp 2.000 perjam untuk motor dan Rp 3.000 per jam untuk mobil.

Kedepannya, pengelolaan parkir melalui mesin parkir ini akan diberlakukan pada semua sarana umum yang ada di Kota Pontianak sehingga dapat terus membantu meningkatkan PAD Kota Pontianak.

Foto: Nchus
Foto: Nchus