Penyertaan Modal PDAM Rp 9 M

 

GENCIL.NEWS Penyertaan Modal PDAM Rp 9 M . Perusahaan Dearah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak mendapat penyertaan modal Rp 9 Miliar. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 5 Miliar.

Demikian diungkapkan PJ Walikota Pontianak, Mahmudah, Jumat (9/3). Menurutnya, suntikan modal itu pastinya melalui kajian-kajian karena kebutuhan untuk MBR cukup besar.

Penyertaan modal kepada PDAM Tirta Khatulistiwa bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kita berharap cakupan layanan air bersih lebih luas lagi karena penyertaan modal sudah kita tambah. Semoga rencana dan target kita bisa tercapai,” ucapnya.

Sebelumnya,  Dirut PDAM Tirta Khatulistiwa, Ladjito, mengungkapkan, dana Rp 9 Miliar itu merupakan suntikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi dananya belum ditransfer sementara tahun sudah berjalan, maka ditalangi terlebih dahulu oleh Pemkot Pontianak ke PDAM.

Menurut dia, kucuran dana itu memang harus segera direalisasikan dalam rangka percepatan program 100-0-100, yakni target pelayanan 100 persen air bersih, nol kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi warga.

Ia menambahkan, setiap masyarakat yang menyambung air bersih PDAM, akan ditempel stiker di setiap rumah yang mendapat? sambungan dari dana itu, guna memudahkan audit di lapangan serta pemeriksaan dari BPKP.

Ladjito menambahkan, saat ini cakupan pelayanan air bersih di Pontianak sudah mencapai sekitar 85 persen, dan ditargetkan bisa melayani hingga sebesar 90 persen diakhir tahun 2018, sehingga memerlukan investasi untuk pengadaan pipa-pipa hingga ke pemukiman masyarakat tersebut. (all)