Perkuat Agronomi Di Kalbar, DPR RI Adakan Pelatihan Budidaya Karet

Perkuat Agronomi Di Kalbar, DPR RI Adakan Pelatihan Budidaya Karet

GENCIL.NEWS, SINGKAWANG – Karet merupakan salah satu komoditas ekspor yang menjadi sumber pemasukan untuk pendapatan negara. Permintaan untuk komoditas karet ini terus meningkat, dan memberi peluang bagi Indonesia untuk memanfaatkan pasar tersebut.

Untuk menjawab tantangan tersebut, anggota DPR RI Komisi VII dapil provinsi Kalimantan Barat, Katherine Oendoen, bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti ) mengadakan) pelatihan dan diseminasi agronomi untuk tanaman karet di hotel Swiss-Belinn Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (3/11).

Kegiatan yang dihadiri para petani karet dan para peneliti agronomi bertujuan untuk menerapkan penelitian dan pengembangan dalam budidaya tanaman karet, sehingga dapat memberi nilai tambah bagi para petani karet di daerah Singkawang dan sekitarnya.

“Petani karet kiranya dapat memanfaatkan penerapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan rekan peneliti dari Kemenristekdikti. Penerapan iptek dalam bidang agronomi adalah keharusan, bukan lagi suatu kemewahan,” ungkap Katherine Oendoen.

Katherine Oendoen  juga menambahkan para petani karet di Kalbar harus mampu menjadikan karet produk unggulan provinsi dan memanfaatkan permintaan karet alami yang masih tinggi, dengan meningkatkan output dan kualitas hasil panen karet yang bernilai jual tinggi.