Pesona Ikan Khatulistiwa Dalam Lomba Masak Ikan Nusantara di Pontianak

Pesona Ikan Khatulistiwa Dalam Lomba Masak Ikan Nusantara di Pontianak

GENCIL NEWS – PONTIANAK – Untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia yang ke 72, Pemerintah mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gamarikan, yang salah satunya adalah dengan mengadakan Lomba Masak Ikan Nusantara.

Lomba Masak Ikan Nusantara merupakan acara yang dilaksanakan oleh situs masak Femina Group bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Sekertariat Negara (Kemensteng), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dimana dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih mengenal ikan menjadi sumber protein yang dapat mencukupi nutrisi dalam tubuh.

Lomba Masak Ikan juga diselenggarakan agar dapat mendorong keberagaman kuliner Indonesia yang akan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kota Pontianak, Kalimantan Barat merupakan satu dari tiga provinsi yang dipilih menjadi lokasi audisi dan pelaksana kegiatan. Dalam kesempatan ini Pontianak mengusung tema “Pesona Ikan Khatulistiwa” yang menghadirkan makanan khas Kalimantan Barat.

Lomba yang diselenggarakan di Taman Alun Kapuas, Pontianak pada 1 Agustus 2017 diikuti oleh banyak peserta. Panitia menyediakan ikan belida, lais dan patin untuk diolah para peserta menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Syarif Saleh selaku Kepala Dinas Disporapar mengatakan dengan kegiatan ini akan diperkenalkan keanekaragaman kuliner Pontianak yang luar biasa, karena Kota Pontianak memiliki sungai Kapuas yang kaya akan keberagaman ikan.

Pemenang Lomba Masak Nusantara akan mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop serta memasak untuk Presiden Joko Widodo pada perayaan 17 Agustus 2017 di Istana Negara.