Petani Dan Nelayan Kalbar Di Berikan Diklat

Petani Dan Nelayan Kalbar Di Berikan Diklat

GENCIL.NEWS, MEMPAWAH – Diklat Petani Ikan dan Nelayan Kalbar Hadirkan Firmansyah Mardanoes Penyerahan alat pengolah limbah ikan menjadi pupuk dan pakan ikan Berlokasi di Balai Desa Kuala Secapa Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah, Sabtu (21/10).

Pada kegiatan ini menghadirkan Narasumber : Ir. Firmansyah Mardanoes MM., Ketua LPPM UNTAN Bp Nurahman. Anggota Tim Lemlit atau LPPM Dr. Ir. Yohana dan Dr Ir. Solahudin yang sekaligus pemateri latihan.

Kepala Desa Kuala Secapa pada sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas adanya kegiatan Diklat Pengolahan Limbah Ikan menjadi Pupuk dan Pakan Ikan, sebab Menurutnya dengan pengetahuan ini para kelompok Tani dan masyarakat pembudidaya Ikan, akan terjalin hubungan yang saling mendukung. Saling menguatkan, menguntungkan dan saling support.

Sebabnya ini Limbah Ikan tidak di manfaatkan secara baik, namun dengan adanya teknologi ini dan Alat Pengolahan tersebut, membuka pintu Usaha ekonomi kerakyatan, sekaligus sebagai bentuk Simbiosis Mutualis Disektor Pertanian dan Perikanan.

Di dalam Acara tersebut Ir. Firmansyah Mardanoes MM. Selaku Narasumber yang juga Anggota DPR RI Wakil Kalimantan Barat Menyampaikan bahwa Pengetahuan dan research ini sangat bermanfaat buat nilai tambah pendapatan masyarakat.

“Kegiatan ini akan mendorong sektor ekonomi kerakyatan, membangkitkan semangat para Petani dan Nelayan untuk menjadi kan sebuah motivasi dan usaha yang sangat menguntungkan dimasa depan, selain karena pemanfaatan Limbah ini akan bermanfaat untuk sustainable usaha dan program rakyat di bidang Perikanan, juga hal ini bagian upaya bentuk dukungan di sektor pertanian.

Firmansyah Mardanoes berharap Agar setelah pelatihan segera memberdayakan lingkungan setempat, membagikan dan mengamalkan Pengetahuan tersebut sekaligus memanfaatkan alat yang diberikan terkait pengolahan Limbah dengan baik, dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

Menurut Firman perlu upaya memperkuat adanya komunikasi masyarakat dengan perangkat desa, sekaligus Instansi terkait, agar aspirasi dapat di tindak lanjuti dan tidak berhenti disini.

“Agar masyarakat petani benar-benar maju seharusnya, pengembangan usaha tani berbasis agrobisnis dan agroindustri, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani, revitalisasi dan penguatan kelembagaan petani, pengembangan teknologi tepat guna seperti ini digalakkan”. Ujar Firmansyah Mardanoes.

“Kita akan dorong agar pemerintah mengupayakan penguatan lembaga riset serta pembangunan infrastruktur pertanian dan pedesaan, khususnya melalui program yang tepat sasaran seperti ini,”lanjut Firmansyah.

Kegiatan ini diisi dengan penyerahan alat secara simbolik oleh Kepala Desa Kuala Simpang, sekaligus Temu Wicara Ir. Firmansyah Mardanoes selaku wakil mereka di DPR RI dengan kelompok nelayan, Agar kelompok nelayan maupun para petani menyalurkan aspirasi seuai Mekanisme yang ada.

Didalam kegiatan tersebut juga ada pemaparan dan penjelasan yakni rangkaian Acara pendidikan dan Pelatihan ini oleh team LPPKM UNTAN mengenai pengetahuan pemanfaatan limbah ikan agar dapat maksimal, Acara ini akhirnya ditutup denga pembacaan doa bersama antara Kelompok Nelayan sepakat bersama, Masyarakat Desa Secapa dan Undangan.